Mengenal SMAN 5 Semarang, Sekolah Favorit Pencetak Atlet Renang

SMAN 5 kini mengalahkan SMAN 1 Semarang

Semarang, IDN Times - Hanya berjarak selemparan batu dari Balai Kota, siapa sangka jika SMAN 5 Semarang dari tahun ke tahun mengalami peningkatan prestasi yang cukup signifikan. SMAN 5 Semarang yang beralamat di Jalan Pemuda Nomor 143 juga menjadi salah satu sekolah favorit bagi warga Ibu Kota Jateng karena mampu mencetak siswa unggulan di bidang olahraga dan olimpiade siswa. 

Seperti yang diungkapkan Kepala SMAN 5 Semarang, Soleh Amin, sekolahannya tahun 2022 kemarin masuk predikat top 1.000 dengan nilai UTBK terbaik nasional.

"SMAN 5 Semarang masuk kategori top 1.000 sekolah dengan nilai UTBK terbaik ranking nasional tahun 2022.w Dan di Semarang kami menjadi salah satu sekolah negeri dengan catatan prestasi terbaik. Jadi urutannya SMAN 5, SMAN 3, SMAN 2, SMAN 4," kata Soleh kepada IDN Times, Senin (20/2/2023).

1. SMAN 5 punya 1.224 siswa

Mengenal SMAN 5 Semarang, Sekolah Favorit Pencetak Atlet RenangKepsek SMAN 5 Semarang, Soleh Amin. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Catatan apik yang ditorehkan SMAN 5 Semarang tak lepas dari pola pembinaan yang dilakukan selama ini. Soleh berkata sekolahannya kerap menebar para siswa untuk diikutsertakan dalam berbagai lomba sains, olahraga dan tentunya pekan olimpiade siswa nasional (OSN).

Ajang OSN menjadi langganan siswa SMAN 5 untuk menyabet juara. Tetapi, bagi Soleh, torehan yang kerap membanggakan selalu dilakukan para siswa yang menggeluti ekstrakurikuler renang. 

Adapun jumlah siswa SMAN 5 Semarang kini sebanyak 1.224 orang. "Setiap tahun kami meluluskan 11 rombel tapi kadang 12 rombel," terangnya. 

Baca Juga: Masyarakat di Jateng Suka Belanja Daring, Pengguna QRIS Tembus 3 Juta

2. Tampung siswa miskin dengan kuota 20 persen

Mengenal SMAN 5 Semarang, Sekolah Favorit Pencetak Atlet RenangSMAN 5 Semarang. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Para siswa miskin tetap diberi tempat di SMAN 5 dengan besaran kuota 20 persen. SMAN 5 Semarang menyediakan sejukkah beasiswa untuk meringankan beban ekonomi para siswa miskin. Sumber beasiswanya bisa macam-macam. "Yang kategori anak miskin kita sediakan beasiswa, terutama kalau punya kartu KIP dan bisa mendapat beasiswa dari Ashabul Khafi dan Baznas," kata Soleh. 

Sementara itu, Wakil Kesiswaan SMAN 5 Semarang, Dr Sutji Harijanti, Spd, Mpd mengatakan, dari sekian banyak prestasi, yang sering diraih ialah prestasi melalui kegiatan ekstrakurikuler. 

"Nah, kalau yang akademik dari ajang OSN perguruan tinggi dan lembaga lain. Untuk prestasi non akademik tiap tahun selalu meningkat. Untuk setiap minggunya ada minimal 10 siswa yang menyerahkan penghargaan dan pialanya ke sekolah setiap kegiatan apel pagi," ujar Sutji. 

3. Ada 39 ekskul. Terutama konten kreator, basket sampai bahasa Jepang

Mengenal SMAN 5 Semarang, Sekolah Favorit Pencetak Atlet Renangide konten seru untuk ibu rumah tangga (pexels.com/Polina Tankilevitch)

Ragam lomba olahraga yang mendulang emas, katanya yaitu renang, pencak silat dan basket. Selain itu keseluruhan ada 39 kegiatan ekstrakurikuler. Pembina ekstrakurikuler diambil dari pihak eksternal sekolah. 

Kegiatannya beraneka macam. Mulai basket, voli, sepak bola, bahasa Jepang, bahasa Inggris, fisika, kimia, radio sampai konten kreator. Ia mengaku dengan sistem zonasi pada PPDB menjadi tantangan tersendiri bagi pihaknya. 

Sebagai sekolah yang letaknya di pusat kota, SMAN 5 Semarang terus berpacu untuk mendapatkan siswa berprestasi dan berotak encer. "Untuk zonasi kita berusaha memunculkan siswa berprestasi dan yang bagus. Ini jadi tantangan juga. Karena kita berkeinginan mengalahkan SMAN 1 yang selalu dianggap sekolah paling favorit di Semarang. Ya kita sekarang sering menang lomba maupun olimpade siswa. Termasuk kita buktikan kalau siswa kita jadi langganan juara renang, OSN fisika, kimia, paskibraka dan masih banyak lagi," pungkasnya. 

Baca Juga: ICE, Platform Kreator Milik IDN Media yang Gerakkan Industri Kreator 

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya