PAN Jateng Sodorkan Ganjar jadi Capres 2024, Akomodir Suara Grassroot

Zulhas dan Ganjar kandidat terkuat jadi capres 2024

Semarang, IDN Times - Sejumlah partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bakal menggelar acara rapat koordinasi di Kota Semarang untuk memantapkan langkah pencalonan presiden di bursa Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. 

Dalam rapat koordinasi KIB, rencananya dihadiri elite Partai Persatuan Pembangunan (PPP) termasuk Ketua Umum (Ketum) Soeharso Manoarfa, Ketum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (Zulhas), dan Ketum Golkar, Airlangga Hartarto. 

1. Kader grassroot PAN usulkan 12 nama capres

PAN Jateng Sodorkan Ganjar jadi Capres 2024, Akomodir Suara GrassrootKetum PAN Zulikfi Hasan (kiri), Ketum Golkar Airlangga Hartarto, dan Ketum PPP Suharso Monoarfa, datang bersamaan ke KPU untuk mendaftar parpol peserta Pemilu 2024, Rabu (10/8/2022). (IDN Times/Melani Putri)

Wakil Sekretaris DPW PAN Jawa Tengah, Agung Wisnu Kusuma mengungkapkan, rapat koordinasi akan diselenggarakan oleh KIB pada awal Oktober 2022. 

Meski masih dua bulan lagi, akan tetapi partainya telah menyiapkan 12 nama kandidat presiden yang akan disodorkan dalam rapat bersama KIB. 

"Dari suara grassroot (akar rumput) di 35 kabupaten/kota muncul 12 nama capres. Dari internal kita salah satunya ada nama pak ketum Zulhas. Sisanya dari luar partai," kata Agung kepada IDN Times, Senin (22/8/2022). 

2. Ganjar dan Zulhas sosok terkuat capres dari PAN

PAN Jateng Sodorkan Ganjar jadi Capres 2024, Akomodir Suara GrassrootKetua Umum PAN, Zulkifli Hasan atau Zulhas saat berpidato dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II PAN, Selasa (31/8/2021). (dok. PAN)

Nama capres yang diusulkan PAN Jawa Tengah, lanjutnya, antara lain Zulkifli Hasan, Ganjar Pranowo, Erick Thohir, Anies Baswedan, Haedar Nashir, Ridwan Kamil, Soetrisno Bachir, Gatot Nurmantyo, Hatta Rajasa, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Sandiaga Uno dan Puan Maharani. 

Menurutnya, nama capres dengan nomor urut teratas adalah Zulkifli Hasan kemudian disusul Ganjar Pranowo dan Erick Thohir. 

"Dua belas nama ini akan diajukan ke DPP untuk dibahas di rakernas. Urutan tertinggi ada Pak Zulhas dan Pak Ganjar Pranowo. (Kans terkuat) bisa dikatakan mengarah keduanya," jelasnya. 

3. Nama capres 2024 menunggu hasil rakernas PAN

PAN Jateng Sodorkan Ganjar jadi Capres 2024, Akomodir Suara GrassrootANTARA FOTO/Jojon

Untuk tahapan usulan nama capres ke tingkat pusat sendiri dimulai dari Rapat Kerja Daerah (Rakerda) DPD PAN kabupaten/kota yang mengusulkan 10 nama. 

Sedangkan untuk Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) tingkat provinsi ada usulan delapan nama capres. Sementara penjaringan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) pusat mengusulkan lima nama. 

4. Rakor KIB digelar Oktober di Semarang

PAN Jateng Sodorkan Ganjar jadi Capres 2024, Akomodir Suara GrassrootBeberapa elit partai politik turut hadir dalam KIB, di antaranya Menko Luhut Binsar Pandjaitan, dan Hatta Rajasa. (IDNTimes/Melani Putri)

Proses pembahasan nama-nama capres bersama KIB, katanya sampai sekarang masih terus dimatangkan. PPP Jawa Tengah akan menjadi tuan rumah dan mendapat tugas mencari tempat untuk rapat koordinasi dengan elite parpol KIB. 

"Kalau rapat dengan KIB yang jadi tuan rumahnya itu PPP. Silahkan tanyakan ke pengurus PPP Jateng. Yang jelas agenda rakornya awal Oktober. Lokasinya di Semarang. Kita sendiri kapasitasnya memantapkan strategi pemenangan Pilpres bersama parpol yang tergabung dengan KIB. Sebisa mungkin kita usung dari calon internal partai kita. Karena kita ingin mengembalikan marwah PAN agar bisa mengusung capres dari kader sendiri," jelasnya. 

Baca Juga: Mendag Zulhas Lepas Ekspor Produk Tekstil Senilai Rp5,8 Miliar 

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya