PAN Ngotot Capreskan Ganjar Pranowo, Ditarget Raih Suara 87 Persen di Jateng

Zulhas tegaskan usung Ganjar Pranowo jadi capres

Semarang, IDN Times - Melejitnya popularitas Ganjar Pranowo menjelang kontestasi Pilpres 2024 membuat sejumlah elite parpol tetap konsisten mengusung pria yang menjabat Gubernur Jateng dua periode tersebut. 

Bahkan, Ketum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan secara terang-terangan menyatakan sikapnya untuk mendukung penuh pencapresan Ganjar di putaran Pilpres 2024 mendatang. 

1. Zulhas tegaskan Ganjar didukung kader PAN Jateng

PAN Ngotot Capreskan Ganjar Pranowo, Ditarget Raih Suara 87 Persen di JatengKetum PAN Zulkifli Hasan saat datang di acara UMKM Kota Semarang. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Saat ditemui seusai menghadiri acara di Patrajasa Semarang, Zulhas  mengatakan sosok Ganjar Pranowo saat ini telah mendapat dukungan dari para kadernya untuk diusung sebagai calon presiden. 

Dukungan tersebut muncul dari para kader PAN wilayah Jawa Tengah.

"Jawa Tengah sudah mengusulkan Ganjar ya. Itu Jawa Tengah ya," kata Zulhas, Kamis (29/12/2022). 

Baca Juga: Puan dan Ganjar Masuk Daftar Bakal Capres 2024 PAN

2. Dukungan di wilayah lain masih proses

PAN Ngotot Capreskan Ganjar Pranowo, Ditarget Raih Suara 87 Persen di JatengGubernur Jateng Ganjar Pranowo (Dok. Humas Pemprov Jateng)

Lebih lanjut, partainya saat ini masih fokus mematangkan strategi pemenangan untuk Pemilihan Umum (Pemilu) terutama Pilpres 2024 mendatang. 

Soal sikap kader partainya di luar Jateng apakah semuanya kompak mengusung Ganjar Pranowo, Zulhas menegaskan saat ini masih dalam tahap proses.

"Yang lain lagi proses," akunya. 

3. Target raihan suara untuk Ganjar mencapai 87 persen

PAN Ngotot Capreskan Ganjar Pranowo, Ditarget Raih Suara 87 Persen di JatengIlustrasi. Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno [tengah]. (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Sementara itu, Wakil Sekretaris PAN Jateng, Agung Wisnu Kusuma juga sepakat dengan apa yang disampaikan Zulhas. Ia membenarkan jika massa simpatisan dan kader PAN Jawa Tengah sejalan dengan pencalonan Ganjar Pranowo. 

Wisnu bilang untuk memenangkan Ganjar sebagai capres, pihaknya memasang target perolehan suara sebesar 87 persen.

"Target untuk Mas Ganjar untuk wilayah PAN Jateng 87 persen. Dan untuk target pemenangan di pusat sebesar 63 persen," ungkapnya. 

4. PAN Jateng juga mulai jaring nama bakal calon DPRD dan DPR RI

PAN Ngotot Capreskan Ganjar Pranowo, Ditarget Raih Suara 87 Persen di JatengKetua Umum PAN, Zulkifli Hasan atau Zulhas saat berpidato dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II PAN, Selasa (31/8/2021). (dok. PAN)

Soal persiapan Pilpres, Wisnu menyampaikan partainya yang mendapat nomor urut 12 menjadi berkah tersendiri. Nomor 12 menurutnya merupakan nomor lawas milik PAN yang kembali digunakan saat Pemilu 2024.

"Nomor 12 buat PAN adalah nomor baik buat kita. Karena dulu pas Pemilu sebelumnya PAN juga pake nomor yang sama. KPU ketika tahap kocok nomor urut parpol sudah menawarkan kepada kami apakah akan gunakan nomor urut yang lama, dan kami putuskan untuk pakai nomor 12," ujar Wisnu. 

Berkaitan dengan tahapan pencalonan DPRD Provinsi Jateng dan DPR RI, untuk saat ini PAN telah menjaring nama-nama potensial. 

Sementara ini ada 69 orang yang mendaftar sebagai bakal calon untuk pemilihan DPRD Jateng dari total kuota kursi 120 kursi. Serta sudah ada 51 orang yang mendaftar sebagai bakal calon untuk pemilihan DPR RI. 

"Untuk pencalonan DPRD yang daftar ada 69 orang dari kuota 120 di tingkat propinsi. Harapannya bisa dapat 8 kursi di DPRD Jateng. Kalau DPR RI yang daftar 51 orang dari kuota 578," tutur Wisnu. 

Baca Juga: Zulhas Puji Peran Ulama NU dan Muhammadiyah Cegah Polarisasi

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya