Pantau Perkembangan COVID-19 di Jateng, Menkes Ngantor di Semarang

Menkes akan cari tahu persoalan yang muncul saat ini

Semarang, IDN Times - Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto memutuskan akan pindah kantor di Kota Semarang agar dapat memantau perkembangan kasus COVID-19 yang saat ini masih tinggi. 

Keputusan Menkes Terawan untuk berkantor di Semarang itu diungkapkan Gubernur Ganjar Pranowo usai menemani kunjungan ke RS Bhakti Wira Tamtama Semarang, pada Jumat (24/7/2020).

1. Ganjar sebut Menkes akan ngantor di Semarang selama dua hari

Pantau Perkembangan COVID-19 di Jateng, Menkes Ngantor di SemarangGubernur Jateng Ganjar Pranowo bersama Menkes Terawan menghadiri penyerahan santunan bagi ahli waris nakes yang wafat saat COVID-19. Dok humas Pemprov Jateng

Ganjar mengatakan Menkes Terawan akan menetap di Semarang mulai Sabtu (25/7/2020) besok sampai Minggu lusa. "Beliaunya sudah izin kalau besok akan ngantor di Semarang. Ya maunya ngantor pas akhir pekan," kata Ganjar dalam rekaman suara yang diterima IDN Times.

Lebih jauh, ia menjelaskan bahwa setelah Menkes berkantor di Ibukota Jateng, maka paling tidak bisa memahami berbagai persoalan selama pandemik COVID-19.

Baca Juga: Menkes Terawan Beri Santunan pada 3 Pahlawan Medis COVID-19 di Jateng

2. Ganjar berharap Menkes bisa tahu persoalan yang dihadapi warga Jateng

Pantau Perkembangan COVID-19 di Jateng, Menkes Ngantor di SemarangGanjar menjelaskan soal santunan nakes kepada Menkes Terawan Agus Putranto. Dok humas Pemprov Jateng

Dengan begitu menurutnya kasus penularan COVID-19 di Semarang bisa dijadikan bahan laporan kepada pusat.

"Semoga saja nanti rekan-rekan medis bisa menyampaikan persoalannya. Mestinya apa yang menjadi view dari pusat tentang Jawa Tengah bisa dijelaskan dengan baik, kira-kira begitu," terangnya. 

Sejauh ini, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan pemerintah pusat untuk melaporkan perkembangan kasus COVID-19 di sejumlah daerah. Ia ingin nantinya ada penanganan yang berkelanjutan sehingga dapat memulihkan kehidupan masyarakat di Jateng.

"Karena ingin membantu kita, tentu saya sangat senang. Kemarin sore kita rapat koordinasi dengan tim satgas. Lalu kita jelasin semua tentang penularan COVID-19 yang muncul selama ini," akunya.

3. Menkes: Saya diskusi dengan kepala dinas. Pokoknya ada di Semarang

Pantau Perkembangan COVID-19 di Jateng, Menkes Ngantor di SemarangMenkes Terawan Agus Putranto saat meninjau Kota Semarang. Dok humas Pemprov Jateng

Sedangkan secara terpisah, Menkes Terawan Agus Putranto usai memberikan santunan ahli waris nakes di RS Bhakti Wira Tamtama, mengaku ada beberapa daerah yang ia kunjungi hari ini. 

Ia yang ditemani Kadinkes Jateng Yulianto Prabowo meninjau Brebes. Ia pun tak menampik bila besok mulai ngantor di Semarang.

"Saya terus berdiskusi dengan kepala dinas kesehatan untuk yang terbaik menangani COVID-19. Saya pokoknya ada di sini (Semarang) dulu. Nanti lihat situasi. Makasih ya," kata Terawan.

Baca Juga: Vaksin Ditarget Januari 2021, Menkes Siapkan Anggaran dan Imunisasi

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya