Pasca-Ledakan Gudang Brimob, Masih Ada 24 Bahan Peledak yang Aktif

Tim Jibom masih bekerja

Semarang, IDN Times – Pasca ledakan gudang milik Satbrimob di Srondol Banyumanik, aparat Polda Jateng masih berupaya melakukan proses disposal alias pemusnahan bahan peledak yang masih tersisa di tempat tersebut.

1. Ada 40 bahan peledak yang tersimpan di gudang Satbrimob

Pasca-Ledakan Gudang Brimob, Masih Ada 24 Bahan Peledak yang AktifANTARA FOTO/R. Rekotomo

Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel menyatakan di gudang Satbrimob selama ini tersimpan 40 bahan peledak. Akan tetapi dengan adanya kejadian ledakan pada Sabtu pekan lalu, membuat pihaknya harus memusnahkan seluruh bahan peledak.

Rycko menjelaskan, saat ini baru 16 buah yang berhasil dijinakkan. "Masih ada 24 jenis bahan peledak yang belum didisposal. Total 40 baru didisposal 16, jadi tim olah TKP belum bisa masuk dimungkinkan belum aman," tuturnya saat ditemui di markasnya, Jalan Pahlawan, Semarang, Rabu (18/9).

Baca Juga: Warga Lari Tunggang Langgang Dengar Suara Ledakan dari Mako Brimob

2. Sebagian bahan peledak dijinakan tim Jibom di Ungaran

Pasca-Ledakan Gudang Brimob, Masih Ada 24 Bahan Peledak yang AktifGoogle Map

Ia menegaskan, proses penjinakan bahan peledak kini dikerjakan tim Jibom Polda di wilayah Ungaran, Kabupaten Semarang. Tim Jibom, katanya, melakukan proses peledakan dengan media bomb basket di lokasi yang steril agar aman dari insiden di lingkungan warga sekitar.

Baca Juga: Gudang Brimob Polda Jateng Meledak dan Terbakar, 1 Polisi Terluka

3. Masih ada sisa bahan peledak yang belum diangkat

Pasca-Ledakan Gudang Brimob, Masih Ada 24 Bahan Peledak yang AktifIDN Times/Dhana Kencana

Rycko mengaku belum mengetahui pemicu ledakan gudang milik Satbrimob. Pihaknya masih menunggu lokasinya aman dari potensi ledakan sebelum melanjutkan pendalaman proses penyelidikan.

"Sampai saat ini sisa bahan peledak di dalam masih belum diangkat," paparnya.

Pihaknya menyatakan total kerusakan rumah warga akibat ledakan gudang Satbrimob mencapai 44 rumah. Polda tengah mengebut perbaikan rumah warga yang rusak hingga saat ini. Kerusakan rumah warga bervariasi. Ada yang kacanya pecah, lalu ada pula eternit dan temboknya retak-retak.

Baca Juga: [BREAKING] Gudang Brimob Srondol Terbakar, ada Amunisi Aktif

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya