Pasukan Penjinak Bom Siaga Penuh Selama Ajang AEM 2023 di Semarang

Jibom diterjunkan kawal rombongan menteri ekonomi se-ASEAN

Semarang, IDN Times - Perhelatan ajang konferensi para menteri ekonomi se-ASEAN atau Asean Economic Ministers And Related Meetings (AEM) di Semarang pada 17-- 22 Agustus 2023, mendapat pengamanan ketat dari aparat gabungan TNI/Polri. 

Baca Juga: Bandara Ahmad Yani Sediakan Parkir Jet Pribadi Rombongan Menteri ASEAN

1. Total ada 781 personel gabungan yang disiapkan

Pasukan Penjinak Bom Siaga Penuh Selama Ajang AEM 2023 di SemarangKapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi mengecek kesiapsiagaan personel Satlantas yang ikut mengamankan jalannya konferensi para menteri ekonomi se-ASEAN. (IDN Times/Dok Humas Polda Jateng)

Polda Jateng menyatakan terdapat 781 personel multi fungsi mulai penjinak bom (jibom), satwa K-9 hingga personel kesehatan dari stakeholder terkait meningkatkan kesiapsiagaan selama event tersebut berlangsung. 

"Pengamanan dilakukan baik secara tertutup maupun terbuka ada juga yang melekat pada subyek maupun obyek semuanya lengkap termasuk dari Jibom Brimob Polda Jateng," ungkap Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi dalam keterangan yang diterima IDN Times, Rabu (16/8/2023).

2. Dapat arahan dari Kapolri

Pasukan Penjinak Bom Siaga Penuh Selama Ajang AEM 2023 di SemarangKapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi bersama Wagub Jateng Taj Yasin Maimoen dan pejabat lainnya saat apel kesiapsiagaan di Jalan Pahlawan Semarang. (IDN Times/Dok Humas Polda Jateng (

Luthfi menambahkan, bahwa kegiatan pengamanan pertemuan para menteri ekonomi Asia Tenggara tersebut merupakan kedua kalinya setelah digelar di Magelang beberapa waktu lalu.

"Sebagai mana perintah Kapolri bersama TNI dan stakeholder yang lain ikut serta dalam rangka mendukung pengamanan even nasional maupun internasional," tuturnya. 

3. Pemprov Jateng akan promosikan potensi UMKM

Pasukan Penjinak Bom Siaga Penuh Selama Ajang AEM 2023 di SemarangWagub Jateng Taj Yasin Maimoen saat rapat bersama Kemenag Jateng. (Dok Humas Wagub Jateng)

Sementara, Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin mengapresiasi kesiapan pengamanan jajaran kepolisian dalam acara konferensi para menteri ekonomi se-ASEAN. 

"Pengamanan sudah dilakukan jajaran kepolisian bersama pihak terkait, kita sifatnya hanya mendukung karena ini merupakan kegiatan dari pemerintah pusat," ujar Gus Yasin. 

Dalam rangka mengenalkan potensi yang ada di wilayah Jawa tengah pihaknya juga akan melakukan promosi di event tersebut. Nantinya, Pemprov Jateng tidak hanya menawarkan sejumlah potensi pariwisata tapi juga potensi UMKM yang selama ini sudah terdata dari dinas perdagangan dan koperasi ditambah produk Halal yang dikelola UMKM.

4. Mendag dan Menteri Investasi hadir di Semarang

Pasukan Penjinak Bom Siaga Penuh Selama Ajang AEM 2023 di SemarangMenteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan alias Zulhas meninjau pergerakan harga minyak goreng curah di Pasar Toaya, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah. (dok. Kemendag)

Sekretariat Direktorat Jenderal (Ditjen) Perundingan Perdagangan Internasional, Kementerian Perdagangan (Kemendag), Ari Satria menambahkan, dalam even internasional itu akan digelar sejumlah even tambahan termasuk pengembangan ekonomi digital di kawasan ASEAN dan launching penjualan online tingkat ASEAN.

"Dalam pertemuan nanti, dari Indonesia akan dihadiri Menteri Perdagangan dan Menteri Investasi," kata Ari. 

Baca Juga: BRI Perluas Pasar Produk UMKM Binaan di Toko Oleh-Oleh Semarang

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya