Permintaan Tinggi, Imigrasi Semarang Targetkan Cetak 400 Paspor

Imigrasi gencarkan Paspor Merdeka

Semarang, IDN Times - Kantor Imigrasi Kelas I Semarang menargetkan mampu meningkatkan pelayanan bagi para pemohon paspor menyusul telah dibukanya rute penerbangan umrah Semarang--Jeddah Arab Saudi PP. 

1. Pasang target pencetakan paspor naik berlipat-lipat

Permintaan Tinggi, Imigrasi Semarang Targetkan Cetak 400 PasporIlustrasi dokumen paspor calon jemaah haji. ANTARA FOTO/Moch Asim/wsj.

Kepala Imigrasi Kelas I Semarang, Guntur Sahat Halomonan menyatakan telah memasang target pembuatan paspor bisa naik 100 persen ketimbang kondisi biasanya. 

"Semoga bisa terserap 200 paspor dalam seminggu. Sehingga tiap dua minggu bisa melakukan pencetakan 400 paspor," ujar Guntur, Sabtu (5/8/2023). 

Untuk syarat yang harus disiapkan pemohon. Mulai dari KTP elektronik, kartu keluarga, buku nikah atau ijazah atau akta kelahiran, dan meterai. Pemohon juga diminta mencetak bukti pendaftaran dan fotokopi seluruh berkas syarat yang wajib dibawa. 

2. Permintaan masyarakat cukup tinggi

Permintaan Tinggi, Imigrasi Semarang Targetkan Cetak 400 PasporIlustrasi Paspor. IDN Times/Hana Adi Perdana

Lebih lanjut, Guntur menjelaskan proses penerbitan paspor selama ini terkendala dengan keterbatasan sumber daya manusia. Padahal di sisi lain jumlah permintaan pembuatan paspor cenderung mengalami peningkatan yang signifikan. 

Ia mencontohkan saking banyaknya permintaan masyarakat, komplain yang ditujukan ke kantor imigrasi mencapai ratusan. 

"Kalau mengenai permintaan paspor, komplainnya ada 200. Karena ada permohonan yang tinggi. Dan sekarang ada peningkatan permohonan paspor yang cukup tinggi," jelasnya. 

3. Imigrasi Semarang gencarkan program Paspor Merdeka

Permintaan Tinggi, Imigrasi Semarang Targetkan Cetak 400 PasporLayanan paspor secara "Drive Thru" di Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus TPI Bandara Soekarno Hatta, Tangerang (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Grafik peningkatan pembuatan paspor yang tinggi juga terlihat dari permintaan warga Pati dan Pemalang. "Pemohon E-paspor yang berasal dari Pati Pemalang kepenginnya kesini (Semarang). Kalau untuk layanan E-paspor kan adanya hanya di Semarang dan Solo," tutur Guntur. 

Adapun untuk meningkatkan pelayanan sekaligus menyambut datangnya perayaan HUT RI Ke-78, pihaknya membuat gebrakan dengan meluncurkan program Paspor Merdeka. Bertempat di gedung aula, upaya pembuatan paspor dimaksimalkan dengan jumlah petugas yang diperbanyak. 

"Kita memang perlu lakukan inovasi lainnya. Salah satunya dengan menggencarkan program Paspor Merdeka. Semoga dengan adanya layanan ini, keinginan masyarakat untuk membuat paspor bisa terakomodir dan dimaksimalkan," tutupnya.

Baca Juga: Imigrasi Buka Layanan Paspor Merdeka Weekend Nanti, Di Mana Saja?

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya