Politisi Senior Demokrat: SBY Harus Komunikasi dengan Kubu KLB

Politisi senior angkat bicara mengenai kisruh Demokrat

Semarang, IDN Times - Kalangan politisi senior Partai Demokrat di Jawa Tengah mengingatkan kepada Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) selaku Ketua Majelis Tinggi DPP Demokrat agar berupaya menjaga eksistensi Partai Demokrat. 

 

1. SBY harus komunikasi dengan kubu KLB

Politisi Senior Demokrat: SBY Harus Komunikasi dengan Kubu KLBANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Menurut Dani Sriyanto, tokoh senior Partai Demokrat Jateng, bila masing-masing kubu tetap mengedepankan egonya, maka tak menutup kemungkinan partai berlambang Mercy tersebut bakal punah.

"Saya harapkan agar SBY melakukan komunikasi dengan para pendiri partai dan petinggi kubu KLB. Ini demi kepentingan partai, kalau semuanya masih memiliki ego masing-masing maka eksistensi Partai Demokrat bisa punah. Malahan mereka gak bisa ikut kontestasi Pilpres 2024," ujar Dani, Senin (8/3/2021).

Baca Juga: Jadi Ketua Umum Demokrat Versi KLB Sumut, Segini Harta Moeldoko

2. SBY dan AHY diminta perhatikan nasib kader partainya

Politisi Senior Demokrat: SBY Harus Komunikasi dengan Kubu KLBKetua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY menyampaikan keterangan kepada wartawan terkait Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat yang dinilai ilegal di Jakarta, Jumat (5/3/2021). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Pihaknya menekankan bahwa eksistensi partainya harus diprioritaskan dan SBY maupun AHY setidaknya juga memperhatikan kader partai di seluruh Indonesia.

Ia mengungkapkan upaya menyelamatkan Partai Demokrat tidak hanya mempertahankan ego. Melainkan juga mesti mawas diri dan introspeksi. 

"Demorat dikembalikan tujuan awal seperti perjuangan para pendiri. Apalagi bagi saya, Demokrat tidak bisa dilepaskan dari peranan para pendiri partai. Merekalah yang meloloskan verfikasi," jelasya.

3. SBY jadi konseptor Demokrat

Politisi Senior Demokrat: SBY Harus Komunikasi dengan Kubu KLBKetua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengepalkan tangannya sesaat sebelum menyampaikan keterangan kepada wartawan usai rapat dengan Ketua DPD Partai Demokrat se-Indonesia terkait Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat, Jakarta, Minggu (7/3/2021). Dari hasil rapat tersebut seluruh Ketua DPD Demokrat di 34 Provinsi menolak KLB yang berlangsung di Deli Serdang, Sumatera Utara dan tetap mendukung AHY sebagai Ketua Umum Partai Demokrat. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah

Pihaknya pun tak memungkiri jika SBY selama ini berperan menjadi konseptor sekaligus ikon partainya. Ia menyarankan supaya SBY menjaga marwah partai sekaligus mengambil keputusan dengan hati-hati agar Partai Demokrat tidak roboh.

"Jadi, tidak usah khawatir karena saat ini kita selamatkan partai. Tapi kalau memaksakan diri akan menjadi sebuah hal yang emosional," katanya.

Baca Juga: Konflik Internal Partai Demokrat, SBY Disebut Guru Kudeta Sebenarnya 

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya