Profil Kombes Satake Kabid Humas Polda Jateng yang Baru Dilantik

Selamat bertugas di Jawa Tengah, ndan!

Semarang, IDN Times - Proses serah terima pergantian jabatan kepala bidang Humas Polda Jawa Tengah dilakukan pagi ini, Kamis (20/7/2023). Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi secara resmi melantik Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto sebagai Kabid Humas Polda Jateng menggantikan M Iqbal Alqudusy yang dimutasi menjadi Dirlantas Polda Aceh. 

Baca Juga: Tahanan Curanmor Banyumas Tewas, Polda Jateng Akui 11 Polisi Lakukan Pelanggaran

1. Pernah jadi Kabid Humas Polda Sumbar dan Polda Bali

Profil Kombes Satake Kabid Humas Polda Jateng yang Baru DilantikKabid Humas Polda Bali Kombes Pol Satake Bayu. (Dok.IDN Times/Polda Bali)

Keberadaan Satake sebagai Kabid Humas Polda Jateng tentunya akan memberikan warna tersendiri bagi Mapolda Jateng. Satake mengaku sudah tiga kali menjadi kepala humas di tiga institusi Polri. 

"Saya sebelumnya di Polda Sumatera Barat. Lalu ke Polda Bali. Yang sekarang di Polda Jawa Tengah," kata Satake usai sertijab. 

2. Janji teruskan kegiatan yang dilakukan pimpinan yang lama

Profil Kombes Satake Kabid Humas Polda Jateng yang Baru DilantikKabid Humas Polda Bali Kombes Stefanus Satake Bayu Setianto (Humas Polri)

Sebagai nahkoda anyar di bidang humas Polda Jawa Tengah, Satake berkata dirinya akan tetap meneruskan kerja-kerja pimpinan humas terdahulu. 

Dirinya juga akan bersinergi dengan para wartawan. Sebab wartawan bagi dirinya menjadi mitra yang tak terpisahkan bagi kepolisian. 

"Terkait jabatan kami sebagai kabid humas yang baru, maka di satu sisi akan meneruskan hal-hal yang sudah dijalankan oleh pimpinan yang lama. Terutama kegiatan yang positif dengan rekan media," tutur Satake. 

3. Bermitra dengan wartawan jadi strategi Polda Jateng

Profil Kombes Satake Kabid Humas Polda Jateng yang Baru DilantikAparat gabungan kepolisian saat apel razia Nataru di Mapolda Jateng. (Dok Humas Polda Jateng)

Selain itu, ia berkata dengan berkolaborasi bersama wartawan, maka menjadi sebuah strategi untuk meningkatkan edukasi kepada masyarakat, membantu sosialisasi di dalam kegiatan yang dilakukan pihaknya. 

"Saya senang dengan jabatan kabid Humas terutama bermitra dengan wartawan. Kami juga mohon supportnya, bantuannya dari rekan rekan sekalian untuk membawa Polda memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat," akunya. 

4. Berikan efek jera bagi anggota kepolisian yang langgar aturan

Profil Kombes Satake Kabid Humas Polda Jateng yang Baru DilantikTim Propam Polda Jateng saat brefing di salah satu kantor polisi. (IDN Times/Humas Polda Jateng)

Selama malang melintang menjadi kabid humas, Satake merasa bersyukur dengan adanya kegiatan yang dilakukan selama ini. Di sisi tugas humas ialah memberikan informasi kepada masyarakat tentang kegiatan yang dilakukan kepolisian. 

Di Polda Jateng bila ada anggota yang melanggar, katanya akan disampaikan kepada masyarakat. "Satu sisi untuk efek jera bagi yang lainnya. Agar tidak mengulangi kegiatan yang seperti itu," ujar Satake. 

Baca Juga: Kapolda Jateng Klaim Anggota Polri Tidak Anti Kritik

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya