Puan Maharani Rajin Safari Politik, Ganjar: Perlu Juga ke Partai Baru

Ganjar respon sikap Puan yang mendadak rajin safari politik

Semarang, IDN Times - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo merespons sikap Ketua DPR RI, Puan Maharani yang belakangan kerap melakukan safari politik ke sejumlah petinggi partai politik. Menurutnya, langkah Puan Maharani yang melakukan safari politik sudah sesuai arahan Ketum PDIP, Megawati Soekarnoputri. 

"Oh iya, Mbak Puan ini Ketua Bidang Politik, maka Bu Mega sudah memerintahkan Mbak Puan untuk bersilaturahmi dengan para pimpinan partai. Menurut saya, ini cara yang bagus," katanya dalam keterangan resmi yang diterima IDN Times, Rabu (7/9/2022).

Baca Juga: Bawa Pesan Khusus Megawati ke Prabowo, Puan Maharani: Rahasia!

1. Lebih banyak partai dikunjungi lebih baik

Puan Maharani Rajin Safari Politik, Ganjar: Perlu Juga ke Partai BaruKetua DPR RI Puan Maharani (dok. Pribadi/Puan Maharani)

Ganjar menekankan, semestinya Puan bersafari politik ke semua partai agar bisa menciptakan upaya rekonsiliasi antara partai lainnya dengan PDIP. Dengan rutin mengunjungi elite partai lainnya, ujarnya, bisa menghilangkan stigma yang melekat pada PDIP yang notabene sebagai partai penguasa selama 10 tahun. 

"Rasa-rasanya lebih banyak partai yang dikunjungi lebih baik. Kalau bisa semua partai, sehingga PDIP betul-betul bisa menjadi partai yang nanti bisa mendorong rekonsiliasi karena 10 tahun terakhir tentunya ada stigma-stigma yang muncul itu perlu kok kita kumpulkan, perlu kita rawat kok," imbuhnya. 

2. Safari politik bisa dibicarakan dengan asyik

Puan Maharani Rajin Safari Politik, Ganjar: Perlu Juga ke Partai BaruKetua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto dan Ketua DPP PDIP, Puan Maharani berkuda bersama (IDN Times/bt)

Lebih lanjut, upaya safari politik ke partai lain juga bisa menjadi agenda pertemuan yang menarik. Ganjar menganggap, akan ada banyak dialog politik jika bisa dibicarakan bersama elite partai terutama bagaimana membawa bangsa Indonesia ke depan. 

Bagi Ganjar, cara safari politik seperti itu lebih asyik dan menarik. 

"Sehingga ada beberapa yang bisa dibicarakan dengan asyik, menarik dan di situ bisa berdialog lebih banyak bagaimana membawa bangsa ini ke depan," ungkapnya. 

3. Ganjar sarankan Puan silaturahmi ke partai baru

Puan Maharani Rajin Safari Politik, Ganjar: Perlu Juga ke Partai BaruKetua DPR dari fraksi PDI Perjuangan, Puan Maharani (IDN Times/Irfan Fatthurohman)

Lebih lanjut lagi, ia menyarankan supaya Puan Maharani juga safari politik untuk mendekatkan diri dengan pimpinan partai yang baru. Cara ini adalah salah satu sikap untuk bersilaturahmi. 

"Maka kunjungan Mbak Puan ke beberapa pimpinan partai menarik menurut saya dan ini perlu dilakukan silaturahmi kepada seluruh partai yang ada di Indonesia, kalau perlu juga kepada partai-partai baru," pungkasnya.

4.Yang dibutuhkan keseriusan dan prestasi

Puan Maharani Rajin Safari Politik, Ganjar: Perlu Juga ke Partai BaruGanjar Pranowo (Dok. Humas Pemprov Jateng)

Disinggung soal komentar Puan yang menginginkan munculnya presiden perempuan, Ganjar secara tegas menyebut bahwa konstitusi tidak pernah membandingkan presiden laki-laki dan perempuan.

"Iya, kepemimpinan perempuan ini beberapa kali selalu menjadi diskusi. Apalagi kalau sudah masuk proses-proses kontestasi. Sebenarnya konstitusi kita tidak pernah kok membanding-bandingkan begitu ya," cetusnya. 

Baginya, saat ini yang diperlukan dari pemimpin adalah keseriusan dan prestasi. Di negara Indonesia laki-laki dan perempuan memiliki kesempatan yang sama.

"Yang dibutuhkan hanya keseriusan dan prestasi. Itu saja," tegasnya. 

Ia mencontohkan Megawati Soekarno putri pernah menjabat sebagai presiden di Indonesia dari kalangan perempuan.

"Laki-laki dan perempuan sebenarnya sama saja, semua punya kesempatan. Bu Mega pernah jadi presiden. Dan, sekarang menteri-menteri yang perempuan juga banyak sekali maka menurut saya laki dan perempuan memimpin untuk indonesia hari ini sama saja, mereka punya kesempatan," ujar Ganjar. 

Baca Juga: Puan dan Ganjar Masuk Daftar Bakal Capres 2024 PAN

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya