Ratusan Gereja Kristen di Solo Dijaga Ketat Polisi saat Ngunduh Mantu Kaesang-Erina

Polda Jateng perketat penjagaan di gereja

Surakarta, IDN Times - Prosesi ngunduh mantu putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di hari Minggu (11/12/2022) mendapat perhatian khusus dari aparat kepolisian. Musababnya, acara ngunduh mantu berbarengan dengan pelaksanaan ibadah misa Minggu yang diadakan di masing-masing gereja Katolik dan Kristen. 

1. Sebanyak 190 gereja Kristen dan 6 gereja Katolik dijaga ketat polisi

Ratusan Gereja Kristen di Solo Dijaga Ketat Polisi saat Ngunduh Mantu Kaesang-ErinaIlustrasi kegiatan Gereja Kristen (Antara FOTO)

Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol M Iqbal Alqudusy mengatakan polisi dipastikan membantu peningkatan pejagaan di semua gereja wilayah Solo. 

Pendataan yang ia lakukan saat ini terdapat 190 gereja Kristen dan enam gereja Katolik yang turut dijaga aparat kepolisian. 

"Lokasi gereja yang punya kapasistas atau saya tampung lebih dari 1.000 jemaat diberikan penjagaan oleh 10 sampai 15 personel kepolisian. Itu masih diback up oleh patroli polisi," ungkap Iqbal, Rabu (7/12/2022). 

Baca Juga: Pedagang Pasar Gede Solo Adakan Ritual Keselamatan Pernikahan Kaesang

2. Acara ngunduh mantu Kaesang-Erina bareng sama ibadah misa

Ratusan Gereja Kristen di Solo Dijaga Ketat Polisi saat Ngunduh Mantu Kaesang-ErinaErina Gudono dan Kaesang (dok. Sekretariat Presiden RI)

Peningkatan pejagaan memang perlu dilakukan mengingat acara ngunduh mantu Kaesang-Erina bersamaan dengan ibadah misa Minggu yang rutin dilaksanakan di setiap gereja. 

3. Penjagaan polisi dilakukan di semua gereja

Ratusan Gereja Kristen di Solo Dijaga Ketat Polisi saat Ngunduh Mantu Kaesang-Erina MENYERAH. Sejumlah napi teroris terlihat keluar dari rutan Mako Brimob untuk menyerahkan diri. Foto National Police/AFP

Walau diberi penjagaan ketat, ia mengklaim aktivitas masyarakat Solo terutama jemaat gereja akan berlangsung seperti biasanya. Adapun penjagaan gereja tak cuma yang berlokasi di Jalan Slamet Riyadi. Akan tetapi juga menyeluruh di semua titik kecamatan. 

"Personel yang ditempatkan disesuaikan dengan gerejanya," bebernya. 

4. Densus sedang kembangkan kasus ledakan bom di Sukoharjo

Ratusan Gereja Kristen di Solo Dijaga Ketat Polisi saat Ngunduh Mantu Kaesang-ErinaAnggota Brimob dan Inafis Polda Jabar memasang garis polisi saat proses sterilisasi tempat kejadian perkara dugaan bom bunuh diri di Polsek Astanaanyar, Bandung, Jawa Barat, Rabu (7/12/2022). (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Ia pun menegaskan bahwa semua gereja di Solo tetap mendapat prioritas pengamanan terutama lokasi yang dilalui kirab budaya akan ada penambahan personel kepolisian agar misa dapat dilakukan dengan khusyuk. 

Soal kasus ledakan bom di Polsek Astana Bandung, katanya saat ini Densus 88 sedang menyelidiki ke area Kabupaten Sukoharjo. Untuk kapolres Sukoharjo juga telah berada di lokasi untuk membantu memperdalam penyelidikan. 

"Bahwa benar saat ini di wilayah Sukoharjo ada giat Densus terkait penyelidikan pelaku kasus bom bunuh diri di Polsel Astana Bandung. Saat ini kapolres sukoharjo juga ada di lokasi," tandasnya. 

Baca Juga: Wapres Ma'ruf Amin Didapuk Beri Khotbah Saat Akad Nikah Kaesang-Erina 

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya