Rusa Jantan Terperosok Kolam Ikan Berjam-jam, Damkar Semarang Berjibaku Evakuasi

Proses evakuasi menguras tenaga

Semarang, IDN Times - Seekor rusa jantan yang diperkirakan berbobot hampir 1 kuintal kedapatan terperosok kolam ikan di Kampung Tengger, Kecamatan Gajahmungkur, Kota Semarang. Informasi dari petugas Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Semarang, rusa jantan itu semula mendadak masuk ke Kampung Tengger pada Selasa (9/1/2024) malam. 

"Itu rusa mungkin keluar dari area Akpol. Rusanya kondisinya sehat. Tapi kami dapat laporan kalau posisi rusanya masuk ke kolam ikan milik warga," ujar Listiyono, Kasi Keselamatan Damkar Kota Semarang, Rabu (10/1/2024). 

 

 

Baca Juga: Fauziah Panik Tindiknya Gak Bisa Dicopot, Langsung Dibantu Damkar Pakai Gunting Kuku

1. Rusa yang terperosok bobotnya hampir sekuintal

Rusa Jantan Terperosok Kolam Ikan Berjam-jam, Damkar Semarang Berjibaku EvakuasiKondisi rusa jantan yang terperosok ke kolam ikan saat sedang dalam proses evakuasi dari petugas gabungan Damkar dan BKSDA. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Saat ini rusa tersebut masih berada di kolam ikan milik warga di RT 09/RW VII, Jalan Tengger V. 

Pihaknya kerepotan mengevakuasi rusa itu karena bobotnya yang hampir satu kuintal. "Bobot rusa mungkin mendekati satu kuintal. Itu rusa jantan tapi jenisnya apa yang paham pihak BKSDA," akunya. 

2. Kondisi rusanya terluka

Rusa Jantan Terperosok Kolam Ikan Berjam-jam, Damkar Semarang Berjibaku EvakuasiPetugas gabungan dari Damkar Semarang, BKSDA dan unsur masyarakat turut membantu evakuasi rusa jantan yang terperosok di kolam ikan Jalan Tengger Kecamatan Gajahmungkur. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Keberadaan rusa yang terperosok ke kolam ikan pertama kali dilaporkan warga ke Damkar jam 12.30 siang tadi. 

Dari pengamatan kasat mata, Listiyono berkata kondisi hewan tersebut terluka karena saat masuk ke Kampung Tengger dan menyelinap ke kolam ikan, tubuhnya sempat membentur tembok yang terbuat dari batu bata. 

"Kalau luka ada sedikit kena benturan karena kolamnya bahannya dari bata. Kami sudah minta bantuan BKSDA. Tidak tahu nanti apakah akan dibius atau dimasukan ke kandang. Nanti setelah dievakuasi akan langsung diserahkan kemana saya juga belum tahu," katanya. 

3. Warga lihat rusa masuk ke kolam ikan sejak semalam

Rusa Jantan Terperosok Kolam Ikan Berjam-jam, Damkar Semarang Berjibaku EvakuasiIlustrasi Rusa ekor putih (commons.m.wikimedia.org/Bernard Dupont)

Sedangkan dari penuturan warga setempat, rusa tersebut masuk ke Kampung Tengger pada Selasa (9/1/2034) jam 21.00 WIB malam. Kemudian warga yang melihat berusaha mengecek kondisi rusa. Lalu beberapa warga melihat kondisi rusa yang sempat melompat keluar kolam ikan. 

"Tapi gak tahu kenapa kok bisa masuk kolam lagi. Kalau warga tahunya rusa itu sudah di area kolam ikan ini sejak semalaman," kata Ketua RT 09/RW VII, Jalan Tengger V. 

Baca Juga: Petugas Damkar Selamatkan 680 Satwa Selama 2023, Meningkat Saat Kemarau

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya