Sambangi Ponpes Giri Kusumo Demak, Ganjar Dapat Ide dari Mbah Munif

Ganjar tengok kegiatan di Ponpes Giri Kusumo Demak

Demak, IDN Times - Setelah ditetapkan sebagai bakal calon presiden (bacapres) dari PDIP, Ganjar Pranowo mulai melakukan berbagai kunjungan ke sejumlah ponpes. 

Di tengah padatnya rutinitas menjadi Gubernur Jateng, Ganjar hari ini, Kamis (4/5/2023) memutuskan menyaambangi Ponpes Giri Kusumo, di Desa Banyumeneng, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak. 

Selain untuk syawalan, Ganjar juga ingin bersilaturahmi dengan para santri dan jemaah thoriqoh. Ganjar tiba di Ponpes Giri Kusumo sekitar pukul 12.50 WIB. 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1. Ganjar lama tidak datang ke Pondoknya Mbah Munif

Sambangi Ponpes Giri Kusumo Demak, Ganjar Dapat Ide dari Mbah Munif

Pengasuh Ponpes Giri Kusumo adalah Kiai Munif Zuhri. Saat tiba, para jemaah thoriqoh sedang berkumpul mengikuti pengajian rutin. Ada juga para santri dan pelajar. 


Setelah menyapa para jemaah dan santri, Ganjar kemudian langsung menuju ke kediaman Kiai Munif. "Saya lama tidak ke sini. Ya silaturahmi, halal bihalal, wong ya bakda (Lebaran)," kata Ganjar usai bertemu Kiai Munif.

Baca Juga: Ketua Umum PPP Menghadap Jokowi di Istana, Bahas soal Ganjar Pranowo

2. Mbah Munif punya ide kembangkan diskusi dengan santri dan kampus

Sambangi Ponpes Giri Kusumo Demak, Ganjar Dapat Ide dari Mbah MunifGubernur Jateng Ganjar Pranowo menyalami santri Ponpes Giri Kusumo ditemani Kiai Munif Zuhri. (IDN Times/Dok Humas Pemprov Jateng)

Ganjar mengaku bukan kali pertama berkunjung ke kediaman Kiai Munif. Apalagi, Ganjar bilang sudah berkali-kali bertemu dengan Kiai Munif di Ponpes Giri Kusumo, maupun di Kantor Gubernur dan rumah dinas.


Meski begitu, ia selalu berkesan dan menyenangkan. Sebab, Kiai Munif merupakan ulama yang memiliki banyak ide dan gagasan. "Beliau punya ide yang banyak. Apalagi, hari ini dia sedang mengembangkan diskusi-diskusi antara kampus dengan santri. Sudah berjalan beberapa seri. Ini kiainya ada, pakarnya ada," jelas Ganjar.

3. Isi diskusinya merawat bangsa

Sambangi Ponpes Giri Kusumo Demak, Ganjar Dapat Ide dari Mbah MunifGubernur Jateng Ganjar Pranowo berbicang dengan Kiai Munif Zuhri di Ponpes Giri Kusumo Demak. (IDN Times/Dok Humas Pemprov Jateng)

Diskusi yang digagas oleh Kiai Munif itu tidak hanya digelar di Ponpes Giri Kusumo, tetapi juga dilakukan di berbagai tempat.


"Diskusi bagaimana merawat bangsa ini. Jadi, kalau sudah dalam suasana diskusi yang cukup serius, beliau ini mengajak para ilmuan, para ulama, dan semua yang ingin terlibat untuk bicara Indonesia ke depan. Ini berjalan terus-terusan," katanya.

 

4. Ganjar dapat ide soal merawat bangsa dan anak muda

Sambangi Ponpes Giri Kusumo Demak, Ganjar Dapat Ide dari Mbah MunifGubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat berbincang dengan perwakilan kades, camat dan Wabup Wonogiri usai rakor di Desa Ngadirojo. (IDN Times/Dok Humas Pemprov Jateng)

Ganjar mengaku mendapatkan ide dari Kiai Munif, terutama tentang bagaimana merawat bangsa bersama-sama. Khususnya bagaimana agar anak-anak muda lebih mencintai bangsa dan negara.


“Anak-anak muda dan para pelajar ini kelak kemudian cintanya pada bangsa dan negara tidak pernah luntur, penghormatan kepada kiai dan ulama serta orang tua tidak luntur ya. Bangsa dan negaranya selalu melekat, hubbul wathon minal imannya ya ada di situ,” ungkap Ganjar .

Baca Juga: LSD Mewabah di Jateng, Penjualan Hewan Ternak Diawasi Ketat

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya