Sebut Susunan Menteri The Dream Team, Bamsoet: Beri Mereka Kesempatan

Banyak anak muda masuk kabinet

Semarang, IDN Times - Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo mengatakan, susunan Kabinet Indonesia Maju yang baru saja diumumkan oleh Presiden Joko Widodo, mencerminkan rekonsiliasi karena berisi jajaran menteri dari kalangan anak muda dan politisi senior.

Menurut Bamsoet, sapaan akrabnya, apa yang telah dilakukan Presiden Jokowi menunjukan bahwa ada kalkulasi politik yang matang.

"Saya melihat kabinet ini memenuhi harapan masyarakat dan mencerminkan rekonsiliasi. Kalau jajaran legislatornya dan eksekutifnya kuat, maka kebijakan yang diambil juga punya daya dukung yang kuat. Jadi ini ada nuansa baru di kabinet yang baru saja diumumkan oleh Pak Jokowi. Beliau berani memberi peluang yang besar bagi anak muda milenial," ungkapnya, di sela acara tasyukuran bersama para kader Partai Golkar, di Jalan Kiai Saleh, Semarang, Kamis (24/10).

1. Banyak anak muda yang berkolaborasi dengan politisi senior

Sebut Susunan Menteri The Dream Team, Bamsoet: Beri Mereka KesempatanTwitter/@KSPgoid

Bamsoet menyatakan komposisi menteri yang masuk pemerintahan Jokowi-Ma'ruf sebagai the dream team. Sebab, di dalamnya terdapat jajaran menteri dari kalangan anak muda yang cukup banyak serta para politisi senior dengan jam terbang cukup tinggi.

"Ini kalau saya melihatnya the dream team. Bagaimanapun banyak anak muda yang masuk kabinet bersama para senior dengan jam terbang yang tinggi," terangnya.

Baca Juga: Sebelum Jadi Menteri Pariwisata, Ini Potret Transformasi Wishnutama

2. Masyarakat diminta beri kesempatan kepada menteri pilihan Jokowi untuk bekerja 100 hari ke depan

Sebut Susunan Menteri The Dream Team, Bamsoet: Beri Mereka KesempatanIDN Times/Fariz Fardianto

Ia mengimbau kepada masyarakat untuk memberikan kesempatan kepada mereka untuk menunjukan kemampuannya dalam 100 hari kerja. Susunan kabinet yang semacam ini, katanya menunjukan kemampuan Jokowi yang punya kalkulasi politik yang matang.

Ia menyebut bahwa yang paling mencolok adalah masuknya Prabowo Subianto menjadi Menhan. Begitu pula ada nama Edhy Prabowo sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan.

"Pak Prabowo jelas punya kapabilitas di sektor pertahanan, Edhy Prabowo yang jadi Menteri KKP juga layak diuji. Dan hal-hal ini dapat dilihat bila anak muda nyatanya punya peluang yang sama di bidang politik dan birokrasi," papar politikus Golkar tersebut.

Baca Juga: Bamsoet: Masuknya Gerindra Akan Stabilkan Pemerintahan Jokowi

3. Saat ini para menteri millennial butuh adaptasi di jajaran birokrasi

Sebut Susunan Menteri The Dream Team, Bamsoet: Beri Mereka Kesempataninstagram.com/nadiemmakarimm

Pihaknya menilai saat ini hanya diperlukan penyesuaian beberapa waktu mengingat banyak menteri dari kalangan anak muda yang berlatar belakang sebagai pengusaha. 


"Sekarang hanya diperlukan penyesuaian yang baik karena anak muda ini dulunya pengusaha dan dia kan sudah masuk sistem birokrasi. Sehingga menurut saya, jatah menteri tiga atau empat itu sudah tidak penting. Tentunya yang dipilih berdasarkan figurnya untuk mempercepat visi misi presiden lima tahun ke depan," kata pria 57 tahun ini.

Baca Juga: Sidang Kabinet Perdana, Jokowi Minta Menteri Hadir Saat Menko Rapat

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya