Sipir Lapas Pasir Putih Nusakambangan Deteksi Dini Gangguan Keamanan

Lapas Pasir Putih memiliki sistem pengamanan high risk

Cilacap, IDN Times - Pengelola Lapas Kelas IIA Pasir Putih Nusakambangan mengadakan pengecekan ke setiap sudut tembok lapas untuk mengantisipasi risiko gangguan keamanan.

Baca Juga: Mitos Kawuk, Makhluk Misterius Penghuni Pulau Nusakambangan

1. Kontrol keliling di pagar luar lapas

Sipir Lapas Pasir Putih Nusakambangan Deteksi Dini Gangguan KeamananDua sipir Lapas Pasir Putih Nusakambangan Cilacap saat mengecek dengan detail kondisi tembok lapas untuk mengantisipasi beragam gangguan dari pihak luar. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Upaya yang dilakukan para sipir dengan melakukan kontrol keliling area lapas guna melaksanakan deteksi dini agar keamanan lapas tetap terjaga. 

Anjar Wahyu Kusuma, Koordinator Humas Lapas Pasir Putih Nusakambangan mengaku, area pagar luar menjadi salah satu hal yang penting bagi lembaga pemasyarakatan agar situasi tetap kondusif serta terhindar dari gangguan keamanan dan ketertiban.

"Tindakan pengecekan ini merupakan hal yang wajib dilakukan dalam melaksanakan tugas. Khususnya bagi petugas pemasyarakatan," kata Anjar, Senin (23/10/2023).

2. Didukung pengamanan lengkap

Sipir Lapas Pasir Putih Nusakambangan Deteksi Dini Gangguan KeamananANTARA FOTO/Idhad Zakaria

Selain didukung oleh regu pengamanan, menurut Anjar, ketersediaan sarana dan prasarana pengamanan yang lengkap juga menjadi salah satu penunjang keamanan Lapas Pasir Putih.

3. Tindak lanjuti arahan Kadivpas

Sipir Lapas Pasir Putih Nusakambangan Deteksi Dini Gangguan KeamananNapi gembong narkoba diangkut kapal menuju Nusakambangan. (Dok Humas Lapas Kedungapane)

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut instruksi Dirjen Pemasyarakatan yaitu deteksi dini dan back to basic.

"Dan sesuai perintah Kakanwil dan Kadivpas Kemenkumham Jateng," ujar Anjar. 

Baca Juga: Dua Napi Teroris Lapas High Risk Nusakambangan Pilih Ikrar Setia NKRI

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya