Tatap Pemilu 2024, Partai Buruh Bidik Perolehan Suara Segini di Jateng

Partai Buruh maksimalkan basis kelas pekerja

Semarang, IDN Times - Jajaran elite Partai Buruh mulai merangsek ke Jawa Tengah untuk menyiapkan diri menghadapi kontestasi Pemilu 2024.

Pada Minggu sore, (24/9/2023), partai besutan Said Iqbal tersebut mengumpulkan seluruh massa simpatisan, kader dan para caleg di Kota Semarang guna memperkuat konsolidasi.

Baca Juga: Partai Buruh Coret Nama Anies dari Daftar Capres yang Didukung di 2024

1. Partai Buruh tatap pertarungan di bursa Pemilu 2024

Tatap Pemilu 2024, Partai Buruh Bidik Perolehan Suara Segini di JatengKetua Majelis Partai Buruh Riden Hatam Aziz bersama Ketua Exco Partai Buruh Jateng Aulia Hakim usai pemantapan konsolidasi massa partainya di Semarang. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Ketua Majelis Partai Buruh Riden Hatam Aziz, mengatakan sebagai partai yang didirikan 11 organisasi perburuhan di Indonesia pihaknya tetap konsisten memperjuangkan hak-hak para buruh agar mendapat peningkatan kesejahteraan mulai sektor upah sampai hubungan sektor industrial.

"Dalam konteks hubungan serikat buruh, tentunya partai kami yang didirikan serikat buruh pasti akan perjuangkan kenaikan upah minimum masing-masing daerah. Kami juga berikan semangat kepada caleg-caleg bahwa Partai Buruh konsisten memasuki pertarungan di Pemilu 2024," kata Riden usai menggelar konsolidasi di GOR Satria.

2. Tahun depan jadi momen penting Partai Buruh

Tatap Pemilu 2024, Partai Buruh Bidik Perolehan Suara Segini di JatengMassa simpatisan, kader dan pengurus Partai Buruh Jateng berkumpul dalam acara pemantapan konsolidasi. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Ia pun menyebut bila partainya memiliki momentum penting yang akan digunakan pada Pemilu 2024 mendatang. Momen yang ia maksud terutama meraih basis massa buruh untuk menaikan kelas Partai Buruh sebagai parpol yang bisa lolos di parlemen.

"Momentum yang kami ambil adalah di tahun 2024. Sebetulnya dari kami sangat jelas, berdasarkan data BPS buruh informal ada 55 juta se-Indonesia. Kemudian Kemarin KPU sudah merilis daftar pemilih tetap (DPT) ada 205 jutaan. Tentu itu jadi target kami jelas 55 juta untuk kelas buruh. Kami ambil ceruk di situ saja," ungkapnya.

3. Soroti pergeseran pabrik asal Jabar

Tatap Pemilu 2024, Partai Buruh Bidik Perolehan Suara Segini di JatengSeorang wanita muda yang menjadi pengurus Partai Buruh Jateng saat ikut konsolidasi. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Tak cuma itu saja, partainya juga menyoroti tren pergerakam sektor industri yang kini bergeser ke wilayah Jawa Tengah. Riden berkata dengan perpindahan pabrik ke Jawa Tengah maka membuat potensi jumlah para buruh menjadi sangat besar.

"Untuk Jateng, karena tren industri dari DKI sudah geser ke Jabar dan kini geser ke Jateng. Sehingga keberadaan massa Buruh Jateng jadi fokus Partai Buruh. Khususnya untuk menangkan para caleg agar duduk di kursi parlemen," paparnya.

4. Pasang target meraih 700 ribu suara di Jateng

Tatap Pemilu 2024, Partai Buruh Bidik Perolehan Suara Segini di JatengMassa Partai Buruh di GOR Satria Semarang. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Selain itu, sesuai arahan pengurus pusat Partai Buruh, untuk target perolehan suara wilayah Jawa Tengah dipatok sekitar 600 ribu-700 ribu orang. Dengan begitu maka partainya bisa meraih 5 kursi DPR RI.

Menurutnya target perolehan suara sebesar itu cukup realistis mengingat Jawa Tengah punya kultur yang sangat kuat. Seperti diketahui, Jateng sejak lama dikenal sebagai kandang banteng yang sangat identik dengan basis massa PDIP.

"Memang Jateng kulturnya begitu kuat. Maka kami beri pehamanman agar caleg ikut berperan di Jateng. Kemudian dari exco pusat kita realistis bisa targetkan 5 kursi untuk DPR RI. Dan untuk data dari Disnaker jumlahnya (buruh) bertambah terus. Ada 1 jutaan Buruh. Kita realistis saja kita dapatkan 600--800 ribu suara pekerja buruh itu sudah luar biasa," katanya.

5. Ratusan caleg Partai Buruh Jateng akan dikumpulkan dalam waktu dekat

Tatap Pemilu 2024, Partai Buruh Bidik Perolehan Suara Segini di Jatengilustrasi Partai Buruh (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Sementara, Ketua Exco Partai Buruh Jateng Aulia Hakim menyatakan mesin politik partainya kini telah dimatangkan untuk bertarung di bursa Pemilu 2024. Saat ini seluruh caleg sudah mantap menatap tahun 2024 sehingga berbagai upaya konsolidasi perlu diperkuat.

"Kita beri semangat lagi bagi para caleg agar aktif berperan menyukseskan Partai Buruh di tahun depan. Dalam waktu dekat kami kumpulkan 303 caleg se-Jateng untuk menyusun strategi yang tajam," tandasnya.

Baca Juga: Partai Buruh Tuntut Kenaikan Upah 15 Persen di Tahun 2024

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya