Tercebur ke Laut saat Menjala Ikan, 2 ABK Hilang di Pantai Sodong Cilacap

Dua ABK yang hilang tinggal di Cilacap Selatan

Cilacap, IDN Times - Dua ABK Kapal Kamulyan tercebur ke laut setelah kapal yang mereka naiki diterjang ganasnya ombak laut Selatan. Kedua ABK tersebut dinyatakan hilang di sekitar perairan Pantai Sodong, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap dan hingga Minggu (16/1/2022) masih dalam proses pencarian tim Basarnas setempat.

Informasi yang diperoleh Basarnas Cilacap, dua ABK yang raib di perairan Pantai Sodong bernama Juweni, berusia 55 tahun yang beralamat di Kelurahan Bonbaru, Kecamatan Cilacap Selatan, Cilacap dan Toni berusia 45 tahun yang beralamat di Kelurahan Tegal Kamulyan, Kecamatan Cilacap Selatan, Cilacap.

1. Ada 12 ABK yang naik Kapal Kamulyan menuju perairan Sodong

Tercebur ke Laut saat Menjala Ikan, 2 ABK Hilang di Pantai Sodong CilacapPersonel Basarnas Cilacap memakai perahu RIB untuk mencari dua ABK di Perairan Sodong. (Dok Humas Basarnas Cilacap)

Kepala Basarnas Cilacap, I Nyoman Sidakarya mengatakan, kedua ABK Kapal Kamulyan hilang selama dua hari di perairan Pantai Sodong. 

Kapal yang ditumpangi kedua ABK itu memiliki rute dari PPC-Pantai Sodong.

"Awalnya Kapal Kamulyan berlayar ke Pantai Sodong hari Sabtu (15/1/2022) untuk menjala ikan. Kita telusuri ada 12 kru kapal yang ikut berlayar jam 11.20 siang kemarin," kata Nyoman, Minggu (16/1/2022).

Baca Juga: Kecelakaan Maut di Cilacap, Satu Jam Tiga Korban Terjepit Truk Tangki 

2. Kapal Kamulyan dihantam ombak

Tercebur ke Laut saat Menjala Ikan, 2 ABK Hilang di Pantai Sodong CilacapIDN Times/Sukma Sakti

Akan tetapi di tengah perjalanan, Kapal Kamulyan yang berisi 12 ABK terhempas ombak yang meninggi di laut selatan. Nyoman bilang, saking kerasnya deburan ombak membuat Kapal Kamulyan mendadak miring.

Ada 10 ABK yang sempat menyelamatkan diri. Namun apesnya dua orang lainnya keceplung ke laut. 

Nyoman memastikan dua ABK yang keceplung ke laut dinyatakan hilang. Untuk para ABK yang selamat atas nama Rizal Bastian, Tampang, Yasin, Adi, Bagus, Trisno, Dila, Angga, Gito dan Afit.

"Di perairan Pantai Sodong, kapal yang ditumpangi 12 ABK tersebut dalam keadaan miring yang mengakibatkan kapal terhantam ombak besar dan para ABK terjatuh dari atas kapal. 10 ABK berhasil menyelamatkan diri dan 2 ABK dinyatakan tenggelam," terangnya.

3. Basarnas masih mencari keberadaan dua ABK yang hilang

Tercebur ke Laut saat Menjala Ikan, 2 ABK Hilang di Pantai Sodong CilacapUpaya penelusuran di Pantai Sodong untuk menemukan dua ABK yang hilang. (Dok Humas Basarnas Cilacap)

Nyoman masih berusaha memaksimal kekuatan personelnya agar dapat menemukan dua ABK yang hilang itu. Terdapat satu regu penyelamat yang dikerahkan ke perairan Pantai Sodong di hari ini. "Basarnas Cilacap telah diturunkan untuk melaksanakan operasi pencarian dengan dibantu relawan potensi SAR. Sekarang masih dalam proses pencarian di perairan Pantai Sodong," tandasnya.

Baca Juga: Digulung Ombak Laut Selatan, Dua Bocah Laki-laki Ditemukan Meninggal

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya