Terpikat Tarian Unik asal Solo, Sandiaga Uno Beri Bantuan Buat Seniman

Sandi berikan bantuan modal buat Dzari Wahyu

Surakarta, IDN Times - Ada yang berbeda dari kegiatan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahudin Uno ketika menyambangi Gedung The Purwohamijayan, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Solo, Sabtu (2/7/2022). 



1. Sandi kaget ada penari golek tampil tanpa diiringi musik

Terpikat Tarian Unik asal Solo, Sandiaga Uno Beri Bantuan Buat SenimanTari Golek Ayun-ayun (youtube.com/Pesona Yogyakarta Official)

Sandi yang sedang menghadiri event Workshop Kabupaten dan Kota (KaTa) Kreatif tiba-tiba menghampiri seorang penari golek Dzari Wahyu. Penari berusia 21 tahun itu diminta Sandi menampilkan tarian golek ciptaannya. 

Namun, tak dinyana Dzahi hanya menampilkan tarian golek tanpa diiringi alunan musik. Atraksi yang ditunjukan Dzari membuat Sandi terkejut. "Musiknya gak ada nih?," kata Sandi. 

Dalam keterangan yang didapat IDN Times, Sandi mengapresiasi jerih payah yang dilakukan Dzari untuk melestarikan seni tari. Terlebih lagi, Dzari punya sanggar seni Arsa Jumangkah yang diisi oleh anak-anak tanpa dipungut biaya.

Baca Juga: Sandiaga Uno hingga Ganjar, 10 Pejabat Indonesia yang Manis Bak Aktor

2. Sang penari mengaku gak punya duit buat merancang musiknya

Terpikat Tarian Unik asal Solo, Sandiaga Uno Beri Bantuan Buat SenimanMenparekraf Sandiaga Salahudin Uno saat bertemu penari golek Dzari Wahyu di Solo. (IDN Times/bt)

Dzari berkata jika dirinya sengaja menampilkan atraksi tarian golek tanpa musik lantaran tidak punya biaya untuk merancang musiknya. 

Ia pun hanya bisa menunjukan atraksi gerak tari bisu dalam acara workshop di The Purwohamijayan. 

"Mohon maaf pak, musiknya itu masih dalam proses pembuatan. Karena kita belum ada dana untuk membuat musiknya. Tapi gerakannya sudah ada, hanya tinggal untuk bikin musiknya belum," kata Seniman tersebut di hadapan Sandi. 

3. Sandi berharap sanggar tari golek di Solo bisa ciptakan karya terbaik

Terpikat Tarian Unik asal Solo, Sandiaga Uno Beri Bantuan Buat SenimanIDN Times/Irfan Fathurohman

Mendengar pengakuan Dzari, Sandi meresponnya untuk membantu Dzari merampungkan musik pengiring tarian golek tersebut. 

"Gak pake lama, gak pake ribet, diberikan bantuan supaya musiknya dari tari golek ini bisa segera terwujud," sahutnya. 

Sandi menyampaikan bantuan modal yang diberikannua semoga bisa meletupkan semangat para seniman muda agar terus menelurkan karya terbaiknya. 

"Mudah-mudahan nanti berikutnya bisa memberikan kesempatan yang muda-muda. Karena katanya tidak dipungut biaya ya, di sanggar ini kita harapkan kedepan musiknya ini bisa kita ciptakan," pungkasnya. 

Baca Juga: Perdana, Jadwal Solo Fashion Week 2022 Digelar 1-3 Juli

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya