Tingkatkan Keamanan, Petugas Rudenim dan Lapas Semarang Dibekali Keahlian Menembak

Petugas Kanwil Kemenkumham dapat keahlian tambahan

Semarang, IDN Times - Kemampuan menembak tidak cuma dikuasai aparat kepolisian maupun TNI. Para petugas di lingkungan Kemenkumham Jateng juga dibekali teknik menembak.

Bahkan, saat digelar pelatihan menembak yang diikuti para babin, Pakam dan Polsus di lapangan Tembak Mako Brimob Pasadena Semarang, terdapat beberapa petugas Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) dan Lapas Kelas IA Kedungpane tergolong jago dalam menguasai kemampuan menembak. 

1. Ratusan petugas gabungan ikut latihan menembak

Tingkatkan Keamanan, Petugas Rudenim dan Lapas Semarang Dibekali Keahlian MenembakSatu persatu personel gabungan yang terdiri dari Babin, Polsus, Pokam sampai petugas Lapas Kedungpane Semarang, Rubasan dan Rudenim dibekali keahlian menembak di Mako Brimob Pasadena Semarang. (IDN Times/Dok Humas Lapas Kedungpane Semarang)

Menurut Wakil Direktur Binmas Polda Jateng AKBP Siti Rondhiyah, pelatihan menembak diikuti 104 petugas dari berbagai instansi pemerintah. Dengan adanya latihan menembak bisa peningkatan kompetensi para petugas gabungan untuk memperkuat sistem keamanan dan ketertiban masyarakat. 

"Kami berharap agar hubungan antar polisi khusus dan juga hubungan dengan pihak-pihak lainnya harus terjalin dengan baik saling membantu satu sama lain demi kemanan dan ketertiban masyarakat," ungkapnya, Jumat (22/9/2023). 

Baca Juga: 3 Blok Kamar Napi Lapas Kedungpane Dirazia, Begini Penampakannya

2. Diberi keahlian pakai senpi jenis HS-9 dan AK-101

Tingkatkan Keamanan, Petugas Rudenim dan Lapas Semarang Dibekali Keahlian MenembakIni adalah ratusan peserta latihan menembak yang diselenggarakan oleh pihak Mako Brimob Pasadena, Kalipancur, Semarang. (IDN Times/Dok Humas Lapas Kedungpane Semarang)

Ia mengatakan masing-masing peserta memang dilatih khusus oleh Satbrimob Polda Jawa tengah.

Untuk jenis senjata apinya, katanya berupa senjata laras pendek jenis HS-9 dan senjata laras panjang AK-101. 

3. Personel Lapas Kedungpane dapat nilai terbaik

Tingkatkan Keamanan, Petugas Rudenim dan Lapas Semarang Dibekali Keahlian MenembakSejumlah peserta latihan menembak di lapangan Tembak Mako Brimob Pasadena Semarang saat diberi penghargaan karena memperoleh nilai tertinggi. (IDN Times/Dok Humas Lapas Kedungpane)

Ia mengakui bahwa ada banyak perwakilan Polsus dari berbagai instansi sangat antusias dalam mengikuti latihan menembak. Salah satunya yaitu Kasi Perawatan Narapidana Lapas Kedungpane Semarang, Bachtiar Oktaffiandi. 

Bachtiar berkata dirinya berhasil mendapatkan peringkat terbaik ke-2 kelas laras pendek dan peringkat terbaik ke-2 kelas laras panjang.

4. Daftar personel yang dapat nilai tertinggi dalam latihan menembak

Tingkatkan Keamanan, Petugas Rudenim dan Lapas Semarang Dibekali Keahlian Menembakilustrasi latihan menembak (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Berikut hasil perolehan nilai dalam pelatihan menembak kali ini.

  • Kelas Laras Pendek pistol HS-9:
  1. Alfian Fiqih dari Rumah Detensi Imigrasi Semarang dengan total nilai 84.
  2. Bachtiar Oktaffiandi dari Lapas Semarang dengan total nilai 83.
  3. Bhae Do Khi dari KPH dengan total nilai 74.
  • Kelas Laras Panjang AK-101:
  1. Amir Hamzah dari Rumah Penyimpanan Barang Rampasan dan Benda Sitaan Negara (Rupbasan) Semarang dengan total nilai 89.
  2. Bachtiar Oktaffiandi dari Lapas Semarang dengan total nilai 84.
  3. Alfian Fiqih dari Rumah Detensi Imigrasi Semarang dengan total nilai 83.

Baca Juga: Overstay! Rudenim Semarang Deportasi Warga Senegal, Bakal Dicekal

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya