TPA Jatibarang Terbakar Lagi, Kobaran Api Membesar Karena Muncul Angin Kencang

Belum diketahui sumber percikan api

Semarang, IDN Times - Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Jatibarang Semarang kembali mengalami kebakaran pada Jumat (6/10/2023). Kebakaran melanda selepas salat Jumat atau sekitar jam 12.30 WIB. 

Kasubag TU TPA Jatibarang Semarang, Joko Hartanto mengaku kebakaran berpotensi semakin meluas lantaran angin yang berhembus di lokasi kejadian sangat kencang. 

"Ini pasti makin meluas, Mas. Soalnya di sini anginnya lagi kencang banget," kata Joko kepada IDN Times

Joko mengatakan kebakaran terjadi di zona tiga penampungan sampah. Akan tetapi ia melihat kobaran api juga bermunculan di sejumlah titik zona lainnya yang belum berhasil dipadamkan. 

"Ada banyak zona yang muncul api. Tapi yang siang ini terjadi di zona tiga," terangnya. 

Joko menyampaikan dirinya tidak tahu penyebab kebakaran di TPA. Karena pihaknya masih sulit mendeteksi sumber munculnya api ditumpukan sampah. "Belum bisa dianalisis ini dari mana pemicunya. Karena apinya besar," akunya. 

Sedangkan, menurut Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Semarang, Nur Kholis, ada 50 personelnya yang dikerahkan ke lokasi kebakaran TPA Jatibarang untuk menjinakan si jago merah. 

Truk Damkar yang memadamkan api berjumlah lima unit.

"Sumber titik api belum bisa diketahui. Cuma ini ada lima truk kami dan 50 personel mulai menangani di lokasi kejadian," tuturnya. 

Baca Juga: TPA Jatibarang Terbakar Lagi, Kobaran Api Merembet ke Kandang Sapi dan Rosok

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya