Unnes Buka 7 Prodi, Terima 20--40 Mahasiswa Baru Lewat Jalur Mandiri

Diklaim sudah sesuai izin Ban-PT

Semarang, IDN Times - Pihak kampus Universitas Negeri Semarang (Unnes) membuka pendaftaran mahasiswa baru untuk tujuh program studi (prodi). Ketujuh prodi baru tersebut yaitu S1 Ekonomi dan Keuangan Islam, S2 Akuntansi, S2 Manajemen, S2 Teknik Sipil, S2 Teknik Elektro, S3 Pendidikan Ekonomi, dan S3 Ilmu Hukum.

1. Diklaim sudah penuhi syarat akreditasi Ban-PT

Unnes Buka 7 Prodi, Terima 20--40 Mahasiswa Baru Lewat Jalur MandiriSeleksi mandiri Unnes. (Dok Humas Unnes)

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unnes Prof Zaenuri menuturkan pembukaan prodi baru tersebut diperoleh setelah kampusnya memperoleh surat Pemenuhan Syarat Minimum Akreditasi untuk Pembukaan Program Studi Baru Nomor 759/BAN-PT/LL/2023 dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (Ban-PT). 

Surat yang diterbitkan Ban-PT, disebutkan bahwa berdasarkan Hasil Pleno Dewan Eksekutif BAN-PT Tanggal 24 Mei 2023, prodi yang diusulkan Unnes telah memenuhi syarat minimum akreditasi. 

"Prodi-prodi baru kami buka untuk menjawab kebutuhan masyarakat. Tentu saja pembukaan ini sudah melalui kajian yang matang. Dukungan sarana akademik, tenaga pengajar, dan sarana prasarana lain telah kami siapkan dengan baik sehingga dinilai memenuhi syarat akreditas oleh BAN-PT," terang Zainuri, Kamis (15/6/2023). 

Lebih lanjut, ia memastikan tujuh prodi tersebut akan mulai menerima mahasiswa baru tahun ini. Adapun penerimaan sepenuhnya akan dilakukan melalui seleksi mandiri.

Baca Juga: Bikin Aturan Ekspor Energi, Menteri ESDM Arifin Tasrif Diberi Gelar Konservasi dari Unnes

2. Akan menampung 20--40 mahasiswa baru

Unnes Buka 7 Prodi, Terima 20--40 Mahasiswa Baru Lewat Jalur MandiriIlustrasi mahasiswa (freepik.com/drobotdean)

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unnes Dr Amir Mahmud mengungkapkan, empat prodi di fakultasnya akan menerima 20--40 mahasiswa. 

“Prodi Ekonomi dan Keuangan Islam (S1) akan menerima 50 mahasiswa. Adapun S2 Manajemen, S2 Akuntansi, dan S3 Pendidikan Ekonomi masing-masing akan menerima 20 mahasiswa,” tuturnya. 

3. Fakultas Teknik buka prodi S3 Ilmu Hukum

Unnes Buka 7 Prodi, Terima 20--40 Mahasiswa Baru Lewat Jalur MandiriRektor Unnes Prof Fathur Rokhman saat mengecek vaksinasi gratis di kampusnya. (Dok Humas Unnes)

Sementara itu, Dekan Fakultas Teknik Dr Wirawan Sumbodo mengungkapkan, prodi S2 Teknik Kimia akan menerima 15 mahasiswa dan S2 Teknik Sipil akan menerima 20 mahasiswa. Adapun S3 Ilmu Hukum akan menerima 25 mahasiswa baru.

4. Jalur seleksi mandiri dibuka 17 Mei dan berakhir 9 Juli 2023

Unnes Buka 7 Prodi, Terima 20--40 Mahasiswa Baru Lewat Jalur MandiriGambar Seleksi Mandiri PTN/Google

Kepala Humas Unnes, Surahmat menambahkan, penerimaan mahasiswa baru dilakukan sepenuhnya secara daring melalui laman www.unnes.ac.id/admission.

Pembukaan Jalur Seleksi Mandiri Reguler telah dibuka 17 Mei dan akan ditutup pada 9 Juli 2023. Adapun pendaftaran Seleksi mandiri S2 dan S3 Gelombang 2 akan ditutup pada 18 Juli 2023.

Baca Juga: Alami Gangguan Pencernaan, Mahasiswa FBS Unnes Meninggal di Kos-kosan

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya