Yoyok-Joko Punya Tingkat Keterpilihan 55,82 Persen di Pilwakot Semarang

Echo Location Survey & Strategies tempatkan Yoyok unggul

Intinya Sih...

  • Elektabilitas Yoyok-Joss unggul dengan 55,82% dibandingkan Agustina-Iswar yang hanya 28,64%
  • Pemilih yang belum menentukan pilihan mencapai 15,54%, menunjukkan dinamika politik yang tinggi
  • 33,49% pemilih masih bisa mengubah pilihan menjelang pemungutan suara pada 27 November 2024

Semarang, IDN Times - Elektabilitas pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Semarang nomor urut 2, Yoyok Sukawi-Joko Santoso (Yoyok-Joss) mengalahkan pasangan nomor urut 1, Agustina Wilujeng-Iswar Aminuddin dalam kontestasi Pilwakot Semarang 2024.

Berdasarkan survei yang dirilis Echo Location Survey & Strategies, tingkat keterpilihan Yoyok-Joss pada Pilwakot Semarang 2024 sebesar 55,82 persen, unggul jauh di atas Agustina-Iswar dengan elektabilitas 28,64 persen. Sementara masih ada 15,54 persen yang belum menentukan pilihan.

Baca Juga: Kawal Yoyok-Joko, Tunjung Bakal Aktifkan Basis Massa 3 Kecamatan Ini

1. Masih ada 15 persen lebih belum tentukan pilihan

Yoyok-Joko Punya Tingkat Keterpilihan 55,82 Persen di Pilwakot Semarang

Hasil survei ini dipaparkan oleh peneliti Echo Location Survey & Strategies, Joko J Prihatmoko dalam FGD "Membaca Peta Politik Pilwakot Semarang 2024 Jilid 4 Kemana Arah Pemilih Muda Gen Z?". Acara ini digelar di Rumah Popo Kota Lama Semarang, Kamis (26/9/2024) sore.

"Pasangan calon Agustina Wilujeng-Iswar Aminuddin sebesar 28,64 persen dan Yoyok Sukawi-Joko Santoso 55,82 persen. Adapun pemilih yang tidak menjawab dan/atau belum menentukan pilihan sebesar 15,54 persen," kata Joko.

2. Peta pemilih masih dinamis

Yoyok-Joko Punya Tingkat Keterpilihan 55,82 Persen di Pilwakot Semarang

Menurutnya, peta pilihan pemilih terhadap pasangan calon masih dinamis. Hal ini ditandai dengan besaran pemilih yang masih mengubah pilihan (swing voter) sebesar 33,49 persen dan pemilih tidak mengubah pilihan (strong voters) sebesar 66,51 persen.

"Artinya, sepertiga pemilih masih mungkin mengubah pilihan menjelang pemungutan suara pada 27 November 2024," ungkap Joko yang juga dosen Ilmu Politik Unwahas.

3. Gen Y dan Gen Z perlu diberi perhatian khusus

Yoyok-Joko Punya Tingkat Keterpilihan 55,82 Persen di Pilwakot SemarangCalon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang nomor urut 1, Agustina Wilujeng Pramestuti dan Iswar Aminuddin menyampaikan visi misi pada forum diskusi bersama Dewan Pertimbangan Pembangunan Kota (DP2K) Semarang di Menara Suara Merdeka, Kamis (25/9/2024). (IDN Times/bt)

Perubahan pilihan bisa terjadi karena ada beragam faktor yang bisa mempengaruhi dukungan publik. Misalnya citra dan penetrasi kandidat, visi-misi atau program unggulan, manajemen kampanye oleh tim pemenangan, serta dinamika politik lainnya.

"Untuk meningkatkan dukungan dan/atau jumlah pemilih, kelompok pemilih kategori millanial (Gen Y) dan Gen Z perlu memperoleh perhatian khusus pada tingkat strategi kampanye dan program unggulan," bebernya.

Survei Echo Location Survey & Strategies ini dilakukan mulai 7 hingga 15 September 2024 dengan jumlah responden sebanyak 1.200 warga Kota Semarang yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Survei ini menggunakan metode multistage random sampling dengan batas kesalahan (margin of error) + 2,7 persen pada tingkat kepercayaan (level of confidence) 95 persen. Dalam survei ini ada sampel yang sulit ditemui, tidak berkenan diwawancara, dan keluar kota, sehingga total responden sebanyak 1.142 orang.

Baca Juga: Visi Misi Paslon Nomor Urut 2 Yoyok-Joko di Pilwakot Semarang 2024

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya