3 Nama Calon Penerus Tahta Pura Mangkunegaran Solo, 5 Bulan Kosong

Ada musyawarah mufakat untuk menentukan nama yang menguat

Surakarta, IDN Times - Kabar pengganti Mangkunegara IX mengemuka sepeninggal Sampeyan Ingkang Jumeneng (SIJ) Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara IX pada 13 Agustus 2021. Sejak itu, sudah lebih dari lima bulan penguasa Keraton Pura Mangkunegaran kosong.

Wedana Satrio Pura Mangkunegaran, KRMH Lilik Priarso Tirtodiningrat mengatakan bahwa pembicaraan siapa sosok pengganti Mangkunegara IX telah mengerucut pada beberapa nama.

1. Ada tiga kandidat penerus tahta

3 Nama Calon Penerus Tahta Pura Mangkunegaran Solo, 5 Bulan KosongTiga kandidat penerus Mangkunegara IX. Istimewa

Lilik menyebut, ada tiga kandidat yang muncul yang mana saat ini sudah mengerucut pada satu orang. Tiga nama calon penerus KGPAA Mangkunegara IX tersebut adalah GPH Paundrakarna Jiwo Suryonegoro merupakan anak pertama KGPAA Mangkunegaran IX dengan istri Sukmawati Sukarnoputri.

Lalu ada GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo, adalah putra KGPAA Mangkunegara IX dengan istri Prisca Marina Yogi Supardi yang kemudian menjadi permaisuri.

Terakhir, ada KRMH Roy Rahajasa Yamin, yang merupakan KGPAA Mangkunegaran VIII dan keponakan dari KGPAA Mangkunegara IX.

Baca Juga: Gendhing dan Tradisi yang Menghantarkan Jenazah KGPAA Mangkunegaran IX

2. Nama Prisca Marina Haryogi Supardi menguat

3 Nama Calon Penerus Tahta Pura Mangkunegaran Solo, 5 Bulan KosongPuro Mangkunegaran Solo. IDNTimes/Larasati Rey

Dari tiga nama tersebut, imbuh Lilik, sudah mengerucut satu nama untuk menjadi KGPAA Mangkunegara X. Yaitu putra dari prameswari dalem atau permaisuri KGPAA Mangkunegara IX bernama Prisca Marina Haryogi Supardi.

"Iya, sudah mengerucut kepada pranata adat yang kita anut. Bahwa suksesi nanti akan dipegang oleh putra kakung dari prameswari dalem," katanya, Selasa (18/1/2022).

Kendati demikian, nama tersebut ditentukan berdasarkan kesepakatan bersama dari keluarga inti dan sederek dalem (red: orang-orang Pura Mangkunegaran).

"Ini sifatnya menguatkan, itu masih digodok oleh putro dan sederek-sederek dalem. Kita tetap memakai sistem menghargai musyawarah biar terjadi mufakat," ungkapnya.

3. Belum ada kesepakatan bersama sebagai calon penerus

3 Nama Calon Penerus Tahta Pura Mangkunegaran Solo, 5 Bulan KosongKeluarga dan kerabat Mangkunegaran membawa peti jenazah almarhum Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara IX di Pura Mangkunegaran. ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Lilik mengatakan, sampai saat ini belum ada kesepakatan soal mencuatnya nama Prisca Marina Haryogi Supardi sebagai calon penerus. Menurutnya, pengerucutan nama tersebut sebagai sebuah pandangan lain.

"Ini tinggal sepakat atau tidak. Jadi kita arahkan tidak pandangan, sudah mengerucut," tandasnya.

Setelah adanya kesepakatan, selanjutnya akan dilakukan pengukuhan atau jumenengan.

"Nanti akan dicari hari yang baik, tidak harus hari apa, seperti Selasa kliwon tapi dilihat waktu persiapannya. Setelah diberitahu sudah sepakat, kita persiapkan untuk jumenengan. Tidak batas waktunya, kalau sudah ada secepatnya disiapkan," imbuhnya.

Baca Juga: Menunggu Pewaris Tahta Pura Mangkunegaran, Paundra atau Bhre?

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya