4 Titik Kemacetan di Tol Solo Ngawi, Waspada Rest Area dan Pintu Masuk

Dua hari sebelum lebaran jadi puncak mudik di ruas ini

Surakarta, IDN Times - PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN) memperkirakan ada 780 ribu kendaraan yang akan masuk ruas tol Solo-Ngawi selama mudik dan balik Lebaran 2022. Yakni terhitung dari H-10 hingga H+10 Hari Raya Idul Fitri.

1. Puncak arus mudik 2 hari sebelum Lebaran

4 Titik Kemacetan di Tol Solo Ngawi, Waspada Rest Area dan Pintu MasukGerbang tol Ngemplak, Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Direktur Utama PT JSN, Arie Irianto mengatakan, puncak arus mudik diperkirakan akan terjadi pada tanggal 29 April 2022.

“Untuk pelayanan operasi, diperkirakan akan terjadi puncak arus mudik pada tanggal 29 April 2022 Arus baliknya diperkirakan tanggal 7 Mei 2022. Diperkirakan selama dari H-10 sampai H+10, ada 780 ribu kendaraan yang akan masuk,” ujarnya seusai Apel Gelar Pasukan Pelayanan Arus Lebaran 2022, Rabu (20/4/2022).

Baca Juga: Resep Kue Lebaran, Cara Membuat Kastengel yang Lembut dan Cheesy

2. Jumlah kendaraan naik 33 persen

4 Titik Kemacetan di Tol Solo Ngawi, Waspada Rest Area dan Pintu MasukApel gelar pasukan di PT JSN, Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Arie menyebut, pada arus mudik Lebaran 2022 akan ada kenaikan jumlah kendaraan hingga 33 persen, bila dibanding Lebaran tahun 2019--sebelum pandemik COVID-19--.

Hal itu dikarenakan sudah diperbolehkannya kembali mudik, setelah dua tahun dilarang.

Untuk antisipasi lonjakan kendaraaan, pihaknya meminta jajaran memberikan pelayanan terbaik untuk para pemudik dengan menyiapkan sejumlah petugas siaga.

“Untuk unit-unit kami siapkan, 6 unit Mobile Customer Servce (MCS), 7 unit Patroli Jalan Raya (PJR) , 8 unit derek, ambulans 3 unit, 3 unit rescue, 2 unit keamanan dan ketertiban (kamtib). Ada 8 Variable Message Sign (VMS), 2 VMS lajur, 2 portabel," ungkapnya.

3. Waspada area kepadataan saat di jalan tol

4 Titik Kemacetan di Tol Solo Ngawi, Waspada Rest Area dan Pintu MasukIlustrasi gerbang jalan tol. (IDN Times/Larasati Rey)

PT JSN memasang 124 CCTV di sepanjang jalur. CCTV tersebut juga membantu mempercepat penangananan petugas jika terjadi kecelakaan dan memantau kepadatan arus kendaraan.

Selain itu, juga menyediakan call center yang bisa diakses di nomor 14080. Nomor tersebut terintegrasi dengan Jasa Marga se-Indonesia. Call center lain di nomor 082220000775 bisa diakses selama 24 jam.

"Ada juga 124 CCTV di lajur, masing-masing per satu kilometer, sangat membantu apabila ada kecelakaan. Kami akan menyiapkan sarana dan prasarana dengan sebaik-baiknya. Kami mohon untuk para pengguna jalan untuk sama-sama bertanggung jawab terhadap keselamatan pengendara. Siapkan fisiknya, kendaraannya, apa pun potensi hambatan hambatan yang akan terjadi kita antisipasi,” ujar Arie.

4. Daftar 4 titik kemacetan ruas tol Solo-Ngawi

4 Titik Kemacetan di Tol Solo Ngawi, Waspada Rest Area dan Pintu Masukilustrasi rest area Tol Cipali (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Arie mengimbau kepada mayarakat untuk mewaspadai area yang diperkirkan terjadi kepadatan. Yakni di rest area dan gerbang tol Colomadu.

"Potensi kepadatan di rest area, ada 3 rest area (KM 519 A, KM 538, dan KM 575) dan di pintu masuk gerbang tol Colomadu," pungkasnya.

Baca Juga: Pantura Jateng Belum Mulus saat Arus Mudik 2022, Ini Titik Kerusakannya

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya