704 Koper Tiba, Jemaah Calon Haji Siap Terbang dari Boyolali

Jemaah calon haji masih wajib tes PCR COVID-19

Boyolali, IDN Times - Sebanyak 704 koper, masing-masing 352 dari kloter satu dan dua jemaah calon haji Kabupaten Pati, tiba dengan menggunakan enam truk di Asramai Haji Donohudan Solo, Kamis (2/6/2022). Mereka akan diberangkatkan mulai Jumat (3/6/2022).

1. Jemaah calon haji mulai berdatangan di Donohudan, Boyolali

704 Koper Tiba, Jemaah Calon Haji Siap Terbang dari BoyolaliAsrama Haji Donohudan.IDNTimes/Larasati Rey

Koordinator Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo, Sarip Sahrul Samsudin mengatakan, kedatangan koper jemaah kloter satu dan dua tersebut dari Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Pemberangkatan kloter satu dimulai pukul 21.00 WIB, Jumat (3/6/2022) dan akan dilepas oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Adapun, kloter satu akan take off (lepas landas) dari Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo, pukul 00.30 WIB. Sementara kloter dua take off pukul 05.25 WIB.

"Hari ini (Kamis (2/6/2022)) kedatangan koper jemaah calon haji kloter satu dan dua dari Kabupaten Pati. Untuk kedatangan calon jemaahnya tanggal 3 Juni 2022, pukul 08.00 WIB untuk kloter satu dan jam 09.00 WIB untuk kloter dua. Setiap hari ada dua kloter yang datang dan berangkat" jelasnya saat ditemui IDN Times.

Baca Juga: 11 Inspirasi OOTD ala Ima Habsyi, Outfit Kondangan hingga Pengajian

2. Petugas screening koper jemaah calon haji

704 Koper Tiba, Jemaah Calon Haji Siap Terbang dari BoyolaliProses screening koper calon jemaah haji di Asrama Haji Donohudan, Boyolali. (IDN Times/Larasati Rey)

Lebih lanjut Sarip mengatakan, sebelum diberangkatkan ke bandara, koper jemaah calon haji terlebih dahulu harus melalui proses skrining dari otoritas bandara di Asrama Haji Donoduhan, Boyolali. Ia pun menyeleksi barang-barang yang tidak boleh atau dilarang dibawa jemaah. Antara lain perlengkapan memasak dan benda cair yang dimasukan ke dalam koper.

"Kalau barang-barang yang dibawa sesuai aturan sebelumnya. Tidak boleh membawa alat masak, karena di Arab Saudi jemaah sudah mendapatkan jatah makan tiga kali," katanya.

3. Calon jemaah haji tetap wajib tes PCR COVID-19

704 Koper Tiba, Jemaah Calon Haji Siap Terbang dari BoyolaliKoordinator Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Asrama Haji Donohudan, Sarip Sahrul Samsudin. (IDN Times/Larasati Rey)

Sebelum menunaikan ibadah haji, para jemaah calon haji diwajibkan untuk memenuhi standar protokol kesehatan (prokes) COVID-19. Sarip menyebutkan, jika para jemaah masih diwajibkan untuk melakukan tes PCR dengan ketentuan waktu pengambilan sampel 72 jam sebelum keberangkatan.

Sedangkan untuk kesehatan, jemaah calon haji akan dikawal dari tim kesehatan daerah yang kemudian diserahkan ke tim kesehatan embarkasi.

"Meski pandemik COVCID-19 mereda, para jemaah tetap melakukan tes swab PCR," pungkasnya.

Untuk diketahui, pada musim haji tahun 2022, Embarkasi Solo memberangkatkan 15.305 jemaah calon haji. Terdiri dari jemaah dari Jawa Tengah sebanyak 13.868 orang dan 1.437 orang dari Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Baca Juga: Jumlah Calon Jemaah Haji Dari Jateng dan DIY Ada 15.477 Orang

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya