Antisipasi Banjir, Warga Klaten Gotong Royong Bersihkan Sungai

Sebelum musim penghujan tiba

Surakarta, IDN Times - Meski belum memasuki musim penghujan, tetapi sejumlah warga mulai mempersiapkan sarana dan prasarana untuk menanggulangi dampak musim penghujan, yakni banjir.

Sejumlah warga yang tergabung dalam komunitas Peduli Sungai Gojalu secara gotong-royong membersihkan aliran sungai.

1. Libatkan 300 personil

Antisipasi Banjir, Warga Klaten Gotong Royong Bersihkan SungaiIDN Times/Larasati Rey

Sebanyak 300 personil dari Komunitas Peduli Sungai Gonjalu, TNI, BBWS Bengawan Solo, BPBD Klaten, Pemkab Klaten, dan keluarga besar Lapas Klaten bergotong royong membersihkan sungai Glogok, sungai Jalidi, dan sungai Lunyu yang terletak di Kabupaten Klaten.

Humas Data Sekolah Sungai Klaten, Arif Fuad Hidayah, mengatakan seluruh elemen masyarakat sengaja diajak membersihkan aliran sungai sejauh 2 kilometer, lantaran ingin menyadarkan masyarakat untuk turut serta merawat dan melestarikan sungai.

“Ada 300 orang tadi membersihkan sekitar 2 km, kita bersihkan di tengah-tengah supaya sampahnya berkurang,” ungkapnya, Minggu (8/9).

Baca Juga: Warga Banaran Tuntut Pembangan Pasir Ilegal di Sungai Progo Ditutup

2. Kurangi sampah di sungai

Antisipasi Banjir, Warga Klaten Gotong Royong Bersihkan SungaiIDN Times / Larasati Rey

Banyaknya sampah di tiga sungai yang membentang di tengah kota Klaten tersebut menjadi penyebab utama meluapnya aliran sungai di kawasan tersebut. Banyakan sampah berasal dari sampah rumah tangga.

“Sampah rumah tangga yang banyak, yang menyumbat aliran air,” ujar Arif.

3. Masyarakat diimbau tidak buang sampah ke sungai

Antisipasi Banjir, Warga Klaten Gotong Royong Bersihkan SungaiIDN Times/Muhamad Iqbal

Menurut Arif kurangnya kesadaran masyarakat untuk menjaga sungai, menjadi penyebab utama banjir yang terjadi di wilayah Klaten. Untuk itu, pihaknya meminta kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah langsung ke sungai terutama sampah plastik yang selama ini banyak menyumbat aliran sungai.

Kegiatan bersih-bersih sungai ini rencananya akan terus digelar hingga sungai di Klaten bersih dari sampah. Kegiatan akan melibatkan lebih banyak personil dari warga sekitar sungai.

Baca Juga: [VIRAL] Sampah Plastik Terbang hingga ke Rumah Warga

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya