Ferry Indrianto Ketua Kadin Solo Temui Gusti Bhre Bahas Aglomerasi

Bahas dampak positif aglomerasi Soloraya

Surakarta, IDN Times - Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Surakarta, Ferry Septha Indrianto bertemu Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X atau akrab disapa Gusti Bhre.

Pertemuan tersebut membahas konsep aglomerasi Soloraya yang saat ini sedang digaungkan.

Baca Juga: Kadin Solo Gagas Aglomerasi Soloraya, Bisa Jadi Pembuka Investasi

1. Dianggap tokoh yang mendukung aglomerasi

Ferry Indrianto Ketua Kadin Solo Temui Gusti Bhre Bahas AglomerasiKGPAA Mangkunegara X berbincang dengan Pimred IDN Times Uni Lubis di Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Ferry Septha Indrianto mengaku sengaja menemui Gusti Bhre, karena dianggap sebagai salah satu tokoh yang pemikiran-pemikirannya sangat dibutuhkan untuk memberikan masukan dalam percepatan program-program Kadin termasuk dalam pengembangan konsep aglomerasi Soloraya yang sedang digagas saat ini.

“Dari diskusi dengan beliau (Gusti Bhre), rupanya banyak insight yang kami dapatkan. Beliau bukan hanya bicara soal budaya tetapi juga punya menguasai konsep dan program seputar perekonomian,” ujarnya Selasa (25/6/2024).

Ferry menambahkan, terkait konsep aglomerasi Soloraya yang disampaikan, Gusti Bhre juga sangat mendukung dan menyebut sebagai hal yang tak terbantahkan lagi. Apalagi sisi ekonomi tidak terjebak dalam batas-batas administratif.

“Bahkan beliau malah sudah mendahului memiliki konsep aglomerasi Soloraya dalam mengembangkan sektor pariwisata dan budaya Mangkunegaran. Gusti Bhre ingin gelaran-gelaran event budaya Mangkunegaran tidak hanya digelar di Solo tetapi juga bisa dilaksanakan di daerah lain terutama kawasan sekitar,” ujar Ferry mengutip pernyataan Gusti Bhre.

2. Banyak membahas soal aglomerasi Soloraya

Ferry Indrianto Ketua Kadin Solo Temui Gusti Bhre Bahas AglomerasiKepala KADIN Solo, Ferry Septha Indrianto. (IDN Times/Larasati Rey)

Dikatakan Ferry, dalam pertemuan tersebut memang lebih banyak membahas mengenai aglomerasi Soloraya terutama menyangkut potensi dampak positif pada ekonomi yang dapat dihasilkan dari konsep ini, khususnya bagi sektor pariwisata.

Mengutip dari Gusti Bhre, Ferry menyatakan bahwa Mangkunegaran memiliki wilayah dan aset di Soloraya yang dapat diaktifkan untuk mendukung program pariwisata aglomerasi ini.

“Kita sepakat bahwa pengembangan ekonomi regional atau kawasan seperti Soloraya ini akan membuka lapangan kerja baru, penguatan pendapatan UMKM, peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), investasi dan lainnya," ungkapnya.

3. Kadin dan Mangkunegaran siap saling bersinergi

Ferry Indrianto Ketua Kadin Solo Temui Gusti Bhre Bahas AglomerasiMaps Soloraya. (Dok/google)

Dalam pertemuan tersebut, Ferry  juga menegaskan bahwa dunia usaha siap bersinergi untuk mendorong pertumbuhan pariwisata di Soloraya sebagaimana yang dicanangkan Gusti Bhre.

"Kami menyambut baik usulan Gusti Bhre mengenai Aglomerasi Soloraya khususnya di sektor pariwisata. Program ini nantinya akan dirasakan langsung oleh masyarakat Soloraya, termasuk UMKM, dengan peningkatan investasi, peningkatan PAD, dan juga pembukaan lapangan kerja bagi generasi muda di industri ekonomi kreatif," ujar Ferry.

Dikatakan Ferry, Gusti Bhre juga melihat ide aglomerasi Soloraya sebagai sebuah terobosan baru dan solusi ekonomi yang signifikan bagi kawasan ini.

"Gusti Mangku melihat ide aglomerasi Soloraya sebagai terobosan baru dan solusi ekonomi yang dapat membawa dampak positif bagi Soloraya ke depannya," kata Ferry.

Menurutnya, dengan mengaktifkan aset-aset yang dimiliki Mangkunegaran, program ini dapat memberikan dampak positif yang berkelanjutan.

Selanjutnya, Ferry dan Gusti Bhre berencana untuk menyusun strategi sosialisasi aglomerasi Soloraya agar program ini dapat diketahui dan dipahami oleh masyarakat Solo dan kabupaten sekitarnya.

“Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat serta menggugah kesadaran akan potensi besar yang dimiliki Soloraya dalam mendukung pertumbuhan ekonomi regional,” pungkasnya.

Baca Juga: Kadin Solo Dorong Aglomerasi Soloraya yang Jadi Impian Pengusaha

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya