Gibran bawa Ratusan Miliar dari UEA ke Solo: Banyak yang Tidak Senang

Ajak daerah lain ikut cari dana ke luar negeri

Surakarta, IDN Times - Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka kembali bekerja pada Senin (2/1/2023) usai lawatan ke Abu Dhabi, Uni Emirat Arab selama kurang lebih satu minggu. Putra sulung Presiden Joko "Jokowi" Widodo terrsebut dikabarkan membawa dana hibah ratusan miliar untuk Kota Solo.

1. Banyak yang tidak suka

Gibran bawa Ratusan Miliar dari UEA ke Solo: Banyak yang Tidak SenangWakil Walikota Solo, Teguh Prakosa. (IDN Times/Larasati Rey)

Keberhasilan Gibran mendapatkan bantuan luar negeri senilai Rp256 miliar atau US$15 juta tersebut menimbulkan pro dan kontra. Banyak yang senang dan menganggap hal tersebut sebagai keberhasilan, namun tak sedikit juga yang tidak suka.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa menganggap, sikap tersebut sebagai hal tersebut biasa. Lantaran tidak semua daerah bisa melakukan komunikasi yang baik dengan pemerintah luar negeri.

"Banyak yang nggak seneng. Yang nggak seneng kan gitu. Bisa berkomunikasi baik dengan luar negeri, terus dapat uang, itu kan biasa saja," ujar Teguh, Selasa (3/1/2023).

Baca Juga: Gibran Bakal Ganti Nama Jalan di Depan Pura Mangkunegaran Solo

2. Solo mendapat banyak bantuan

Gibran bawa Ratusan Miliar dari UEA ke Solo: Banyak yang Tidak SenangKunjungan Gibran ke Abu Dhabi. (Dok/Istimewa)

Lebih lanjut, Teguh mengatakan tidak hanya saat ini saja Kota Solo mendapatkan bantuan dari luar negeri. Saat COVID-19 merajalela beberapa waktu lalu, Kota Solo juga mendapatkan bantuan oksigen dari negara sekitar.

"Iya, ada dari Malaysia dari Singapura. Yang dari Shopee itu kan langsung dari sana, Singapura," ungkapnya.

Bantuan tersebut bahkan ada yang berupa 2 kontainer besar tabung oksigen yang juga didistribusikan untuk kabupaten sekitar Solo. Sehingga bantuan tersebut tidak hanya untuk Kota Solo namun juga untuk daerah lain di sekitarnya.

Adapun, dana sebesar tersebut diwujudkan dalam proposal untuk pembagian atau alokasinya.

"US$15 Juta itu kan diwujudkan proposal. Untuk PUPR berapa, UMKM, perdagangan berapa, pendidikan, kesehatan berapa. Terus Dinsos berapa, Perkim berapa, itu sudah diajukan dan sampai pada titik angka itu," katanya.

3. Jawaban Gibran usai dapat sindiran

Gibran bawa Ratusan Miliar dari UEA ke Solo: Banyak yang Tidak SenangWalikota Solo, Gibran Rakabuming Raka. (IDN Times/Larasati Rey)

Sementara itu, Gibran Rakabuming Raka saat ditanya soal sindiran tersebut tak mau ambil pusing. Ia malah mengajak daerah lain untuk ikut mencari dana ke luar negeri bersamanya.

"Rasah nyinyir melu mangkat wae (Tidak usah nyinyir, ikut berangkat cari dana saja)," ungkapnya.

Dalam lawatannya ke UEA, Gibran sendiri mendapat dana hibah sebesar Rp256 miliar. Dana tersebut nantinya akan dikirim melalui Kementrian Keuangan kemudian dimasukkan dalam anggaran APBD 2023. Ia mengaku dana tersebut akan segera diperuntukkan bagi pengentasan kemiskianan, RTLH, dan pembangunan di Kota Solo.

"Nanti dulu tunggu administrasi dulu (pencairan dana hibah)," ungkapnya.

Baca Juga: Ke Abu Dhabi, Gibran Dapat 11 Hibah untuk Kota Solo, Ini Rinciannya

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya