Gibran Izinkan Caleg PDIP Solo Nempel Dirinya untuk Kampanye, Mau?

PDIP daftarkan 45 bacaleg ke KPU Solo

Surakarta, IDN Times - Sebanyak 45 bakal calon legislatif (bacaleg) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dari Kota Solo mendaftar ke KPU Solo, Kamis (11/5/2023). Pelepasan bacaleg tersebut dilakukan oleh Ketua DPC PDIP Solo FX Hadi Rudyatmo dan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming dari kantor DPC PDIP menuju kantor KPU Solo.

1. Pakai lurik dan naik othel

Gibran Izinkan Caleg PDIP Solo Nempel Dirinya untuk Kampanye, Mau?Gibran Rakabuming lepas 45 Bacaleg PDIP Solo daftar ke KPU Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Para bacaleg DPRD Kota Solo kompak mengenakan pakaian merah bermotif lurik supit urang. Rombongan menuju ke KPU Solo memakai sepeda ontel dan andong.

"Lurik itu artinya, Lurus dalam pengabdian, Ikhlas dalam pelayanan dan harus selalu hidup sederhana. Supit Urang adalah strategi perang yang halus, tidak banyak bicara, kepung, jepit, menang (menangkan hatinya rakyat)," ujar FX Hadi Rudyatmo.

"Sepeda itu kepanjangannya, Sopo Eling Pangeran Entuk Donya Akherat (Siapa ingat Tuhan akan mendapatkan Dunia Akherat). Jadi yang tidak ingat hanya dapat sengsara," imbuhnya.

Menurut pria yang disapa Rudy itu, perjalanan menggunakan sepeda tersebut dalam arti untuk meraih dan mewujutkan cita cita, nantinya akan banyak rintangan, halangan,
kesulitan bahkan godaan. Namun, ia optimistis jika target 35 kursi akan terpenuhi.

"Selalu ingat Lurik Supit Urang dan ingat Sepeda maka dengan kerja keras bisa memenangkan pertempuran untuk meraih 35 kursi bisa terwujud," ujarnya.

2. Gibran izinkan bacaleg ikuti kegiatannya

Gibran Izinkan Caleg PDIP Solo Nempel Dirinya untuk Kampanye, Mau?Gibran Rakabuming Raka bersama Ketua DPC PDIP Solo FX Hadi Rudyatmo. (IDN Times/Larasati Rey)

Sementara itu, kader PDIP, Gibran Rakabuming Raka mempersilakan bagi bacaleg untuk lebih aktif bersosialisasi atau bertemu warga.

Putra sulung Presiden Joko "Jokowi" Widodo itu juga mempersilahkan para bacaleg untuk menempel dirinya dalam sejumlah event besar di Solo pada bulan Mei--Juli 2024 mendatang.

"Saya sudah menyiapkan event-event pengganti U-20, saya juga sudah menyiapkan peresmian-peresmian infrastruktur fisik. Jadi monggo bapak, ibu tidak usah saya suruh. Kalau pingin nempel saya, nempel terus di acara acara besar itu. Dibanyak-banyakin ketemu warga, dibanyak banyakin ketemu anak-anak milenial, anak-anak Gen Z, anak-anak yang baru pertama kali nyoblos. Saya kira itu suara-suara yang perlu disentuh," tandasnya.

Gibran juga memberikan apresiasi kepada 40 persen bacaleg tergolong anak muda dan berwajah baru. Ia menyakin jika memberikan kesempatan bagi generasi muda untuk berpolitik nantinya akan menyasar pada pemilih pemula.

3. Minta cara berkampanye diubah

Gibran Izinkan Caleg PDIP Solo Nempel Dirinya untuk Kampanye, Mau?Gibran Rakabuming bersama bacaleg PDIP Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Lebih lanjut Gibran mengatakan, jumlah suara anak-anak yang baru pertama kali nyoblos sangat besar dan bisa menjadi modal kemenangan PDIP Solo.

"Saya yakin ini nanti yang baru-baru dibantu bapak, ibu yang incumbent, kemenangan minimal 35 kursi bisa tercapai," pungkas Gibran

Ia juga memberikan catatan kepada bacaleg untuk mengubah cara berkampanye menjadi lebih humanis dan menyasar. Menurut Gibran berkampanye melalui sosial media dinilai lebih baik menyasar pada pemilih muda. Tak hanya itu, ia mengaku jika sebagian besar bacaleg PDIP sudah memiliki sosial media.

"Kurangi spanduk dan manfaatkan sosmed (sosial media), pungkasnya.

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya