Gibran Kembali Bertandang Ke Luar Negeri, Bakal ke Amerika Serikat

Lakukan promosi Kota Solo

Surakarta, IDN Times - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka kembali melakukan promosi Kota Solo. Kali ini Gibran bertandang ke negara Paman Sam, Amerika Serikat.

Sebelumnya Gibran pernah melakukan promosi Kota Solo di Perancis, dan Korea Selatan.

Baca Juga: Ikut Pawai Pakai Seragam Petugas Parkir, Gibran: Gak Ada Pesan Khusus

1. Berangkat hari Kamis.

Gibran Kembali Bertandang Ke Luar Negeri, Bakal ke Amerika Serikatunsplash/Bicad Media

Kepala Bagian Protokol Komunikasi dan Administrasi Pimpinan (Prokompim) Setda Kota Solo, Herwin Nugroho mengatakan jika putra sulung Presiden Joko "Jokowi" Widodo tersebut sedang melakukan perjalanan dinas mempromosikan Kota Solo hingga ke Amerika Serikat.

Promosi Solo dilakukan Gibran lewat acara Promoting Creative Economy for Sustainable Development.

"Perjalanan dinas Pak Wali Kota mulai Kamis ini, 7 September 2023. Dijadwalkan sampai pertengahan bulan ini," ujarnya Kamis, (7/9/2023).

2. Sudah mendapatkan persetujuan izin.

Gibran Kembali Bertandang Ke Luar Negeri, Bakal ke Amerika SerikatWalikota Solo, Gibran Rakabuming Raka. (IDN Times/Larasati Rey)

Herwin mengatakan jika kepergian Gibran ke Amerikan telah mendapat persetujuan izin dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kala itu.

Selain itu, Gibran juga mengajukan izin kepada Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Sekretariat Negara, dan Kementerian Luar Negeri. 

"Sudah izin ke Gubernur, Kemendagri, Sekretariat Negara dna Kemenlu juga," jelasnya.

3. Mendapat undangan dari KJRI.

Gibran Kembali Bertandang Ke Luar Negeri, Bakal ke Amerika SerikatNew York Stock Exchange (NYSE), Wall St. (Wikimedia/By Jeffrey Zeldman from Manhattan, USA - New York Stock Exchange, CC BY 2.0)

Sementara itu, hal yang sama disampaikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Solo Ahyani. Ahyani mengatakan kunjungan Gibran ke negeri Amerika Serikat untuk mempromosikan potensi Kota Solo.

Hal tersebut merupakan permintaan dari Konsulat Jenderal RI (KJRI) di New York.

"Kunjungan dilakukan atas dasar lermintaan dari Konsulat Jenderal RI (KJRI) di New York. Permintaan sudah sejak sekitar enam bulan lalu datang langsung ke Balai Kota," ungkapnya. 

Baca Juga: Melihat Kura-Kura Sulcata, Hibah Gibran dan Jan Ethes di Solo Safari

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya