Hari UMKM Nasional, KemenKopUKM Pusatkan Pameran di Solo

Beragam UMKM dari seluruh Indonesia ditampilkan

Surakarta, IDN Times - Peringatan hari Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) 2023, Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) bersama dengan Pemerintah Kota Surakarta menggelar Hari UMKM Nasional 2023 bertajuk Transformasi UMKM Masa Depan.

Acara akan dipusatkan di Pamedan Pura Mangkunegara Kota Surakarta pada 10-13 Agustus.

Baca Juga: Jadwal KRL Solo-Jogja Terbaru Dari Solo Balapan ke Stasiun Tugu

1. Kegiatan dipusatkan di Solo

Hari UMKM Nasional, KemenKopUKM Pusatkan Pameran di SoloMenteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki dalam pembukaan Indonesia Digital Conference (IDC) yang digelar oleh Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI), Selasa (22/11/2022). (dok. YouTube AMSI)

Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki mengungkapkan, perayaan Hari UMKM Nasional tahun ini menjadi momentum bagi pelaku UMKM di tanah air untuk unjuk gigi melalui ekosistem UMKM masa depan, baik melalui digitalisasi, kolaborasi hasil riset dan inovasi, hingga masuk ke dalam hilirisasi.

“Kita perlu menyiapkan UMKM untuk masuk hilirisasi nasional bukan hanya dengan tekonologi rendah, agar dapat menaikkan kualitas lapangan pekerjaan yang 97 persen di antaranya disediakan oleh UMKM, oleh karenanya level mereka harus dinaikkan,” kata Menteri Teten dalam rilis yang diterima IDN Times, Rabu (9/8/2023). 

Menteri Teten juga menambahkan, transformasi UMKM masa depan juga ditandai dengan masuknya UMKM pada platform digital. Hal tersebut sejalan dengan target pemerintah dalam mendorong 30 juta UMKM onboarding, di mana saat ini lebih dari 22 juta UMKM sudah masuk ke dalam ekosistem digital.

Dalam menyiapkan UMKM masuk ke dalam ekosistem digital, KemenKopUKM juga berkolaborasi dengan Google Indonesia dan YouTube untuk memberikan pelatihan bersama kreator digital, hingga memberikan hibah iklan pada pelaku UMKM terkurasi.

2. Dimeriahkan penampilan oleh Lyodra.

Hari UMKM Nasional, KemenKopUKM Pusatkan Pameran di Soloinstagram/lyodraofficial

Pada peringatan hari UMKM nasional tahun ini akan diikuti ratusan UMKM dari seluruh Indonesia. Rangkaian kegiatan yang akan diadakan antara lain pameran, forum dan workshop, petualangan ragam kuliner GoFood, local clothing festival, Pekan Nasional Keselamatan Jalan serta IMI Road to UMKM.

Acara Hari UMKM Nasional Expo 2023 juga dimeriahkan dengan kehadiran artis ibukota di antaranya Lyodra, Dikta Wicaksono, Batas Senja dan Good Morning Everyone.

3. Akan dihadiri oleh Presiden Jokowi.

Hari UMKM Nasional, KemenKopUKM Pusatkan Pameran di SoloPresiden Joko Widodo hadir dalam acara pembukaan Sidang Umum ke-44 ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA), di Jakarta (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Hari UMKM Nasional tahun besom akan berisi rangkaian kegiatan yang melibatkan berbagai stakeholder dan ribuan UMKM terkurasi yang berlangsung pada 10-13 Agustus 2023 dan tersebar di Solo Raya.

Berbagai rangkaian tersebut antara lain UMKM Expo, workshop dan talkshow bersama Google Indonesia dan YouTube, live shopping bersama Tokopedia, hingga road to Indonesia Start-Up Ecosystem Summit (ISES).

Sedangkan puncak perayaan Hari UMKM Nasional sendiri digelar pada 12 Agustus 2023 di Pamedan Mangkunegaran dan akan dihadiri langsung oleh Presiden RI Joko Widodo, yang sekaligus akan melaunching tiga program integrasi Pemerintah Pusat dan Daerah, yakni Transformasi Formal Usaha Mikro, Blangkon Jateng, dan Inkubasi Kewirausahaan.

Baca Juga: Jadwal Laga Persis Solo pada Agustus 2023, Ada 3 Big Match!

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya