HUT ke 277, Kota Solo Luncurkan Tiga Inovasi Canggih 

Urus E-KTP gak perlu turun dari kendaraan

Surakarta, IDN Times - Bertepatan dengan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 277 Kota Solo, Pemerintah Kota (Pemkot) meluncurkan tiga inovasi canggih. Ketiga inovasi tersebut diluncurkan oleh tiga instansi yakni Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Kota Solo, Dinas Kependudukan dan Pencatatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Solo, serta Badan Kepegawaian & Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPKSDM) Kota Solo.

Wakil Walikota Solo, Teguh Prakosa mengatakan jika setiap tahun saat HUT Pemkot Solo selalu meluncurkan inovasi baru baik untuk masyarakat maupun Aparatur Sipil Negara (ASN).

"Ini kan inovasi-inovasi yang kita lakukan mendekatkan pelayanan langsung ke masyarakat, termasuk pelayanan KTP dari Disdukcapil, itu nanti akan keliling di lima kecamatan," katanya usai uapacara HUT ke 277 Kota Solo, Kamis (17/2/22).

"Terus aplikasi BPKSDM ini untuk ASN, memberikan kemudahan mulai dia datang ke Pemkot Solo, kemudian bekerja mulai dari naik pangkat tunjangan cuti sampai pensiun sudah dalam satu genggaman aplikasi, jadi tidak perlu kemana-mana tidak perlu ngurus seperti 5, 10 tahun yang lalu tapi ini sudah memberi kemudahan kepada para ASN yang mengabdi di Pemkot Solo ini," tambahnya.

Baca Juga: Ular Kobra Ditemukan di RS Darurat COVID-19 Solo yang Akan Dibuka

1. Layanan Bemo Pustaka

HUT ke 277, Kota Solo Luncurkan Tiga Inovasi Canggih Wakil Walikota lauching layanan Bemo Pustaka di Solo. IDNTimes/Larasati Rey

Layanan Bemo Pustaka merupakan layanan perpustakaan keliling yang diluncurkan oleh Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Kota Surakarta. Terdapat tiga buah bemo listrik yang merupakan bantuan dari Yayasan IMECO Bhakti Nusa.

Bemo Pustaka sendiri merupakan kendaraan roda tiga yang di belakang dimodifikasi untuk rak buku. Inovasi tersebut bisa menjangkau lokasi terpencil sebagai upaya meningkatkan minat baca dan sekaligus untuk mencerdaskan anak bangsa sejak usia dini.

Terdapat berbagai macam buku bacaan anak-anak baik untuk anak TK maupun SD. Tak hanya itu Bemo Pustaka juga dilengkapi dengan buku bacaan berjudul Bolokuncoro (Bocah Solo Tekun Moco Aksoro) yang dirilis oleh Arpusda.

2. Layanan Drive Thru Dispendukcapil

HUT ke 277, Kota Solo Luncurkan Tiga Inovasi Canggih Layanan drive thru Dispendukcapil Kota Solo. IDNTimes/Larasati Rey

Layanan yang diluncurkan oleh Dispendukcapil Kota Surakarta ini merupakan Layanan Tanpa Turun (Lantaru) atau drive thru yang dikembangkan sebagai upaya memepercepat pelayanan kepada masyarakat. Pada layanan ini, masyarakat tidak perlu lagi antre ke kantor Disdukcapil untuk mengambil pencetakan KTP-el dan Kartu Identitas Anak. Inovasi Lantaru ini memberikan layanan kepada pemohon tanpa turun dari mobil/motor dan berbasis layanan online dari pengembangan aplikasi Dukcapil Dalam Genggaman.

Mekanismenya permohonan sangat sederhana yakni; pemohon mendaftar melalui layanan online Dukcapil Dalam Genggaman dengan memilih menu layanan Lantaru/Drive Thru.

Setelah pemohon berhasil mendaftar, pemohon akan dapat instruksi untuk mengupload persyaratan dan selanjutnya dikirim. Selanjutnya berkas yang dikirim akan diverifikasi operator dan setelah dinyatakan lengkap, pemohon akan mendapatkan notifikasi untuk datang ke tempat layanan Lantaru/Drive Thru.

3. Aplikasi portal pegawai kota Surakarta

HUT ke 277, Kota Solo Luncurkan Tiga Inovasi Canggih Launching Aplikasi Portal Pegawai Kota Surakarta. Dok/Humas Pemkot Solo

Merupakan aplikasi portal pegawai Kota Surakarta yang didalamnya terdapat berbagai macam informasi tentang kepegawaian mulai dari absensi, cuti pegawai, hingga masa pensiun. Aplikasi tersebut khusus peruntukan bagi. Aparatur Sipil Negara (ASN).

Untuk menggunakan aplikasi ini setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) diwajibkan untuk login ke alamat website pegawai.surakarta.go.id.portal.login terlebih dahulu.

Tak hanya itu dalam aplikasi tersebut juga terdapat layanan Tanda Tangan Elektronik (TTE). Inovasi ini digunakan untuk melakukan proses verifikasi apakah dokumen benar-benar sah atau tidak dengan membandingkannya bersama versi asli.

Baca Juga: COVID-19 Belum Reda, PTM di Solo Buka Lagi, Orangtua Harus Setuju

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya