Jadwal Porseni NU di Solo, Dihadiri Presiden Jokowi dan Ribuan Santri 

Ada sholawatan, hingga jalan sehat bersama Presiden

Surakarta, IDN Times - Panitia Peringatan Harlah Satu Abad Nahdlatul Ulama (NU) akan mengelar Porseni Nahdlatul Ulama di Kota Solo pada Senin (16/1/2023).

Kegiatan Porseni NU akan dihadiri ribuan kader NU dari seluruh Indonesia, rencananya Presiden Jokowi juga dijadwalkan hadir dan juga para menteri Kabinet Indonesia Maju. 

Baca Juga: 31 Januari Hari Lahir Nahdlatul Ulama, Ini Sejarahnya

1. Dihadiri ribuan santri dari seluruh Indonesia.

Jadwal Porseni NU di Solo, Dihadiri Presiden Jokowi dan Ribuan Santri Jumpa pers Porseni NU di Solo. (IDN Times/ Larasati Rey)

Ketua Peringatan Harlah Satu Abad Nahdlatul Ulama (NU), Nusron Wahid mengatakan, pembukaan itu juga akan dihadiri oleh 3.000 orang anggota NU yang akan bertanding dalam gelaran Porseni.

"Pembukaan hanya sekitar 3.000 hanya peserta yang ikut lomba. Pembukaan Pak Erick Thohir ," ujarnya saat dihubungi, Jumat (13/1/2023) siang.

Agenda Porseni NU yang akan berlangsung pada Ahad-Sabtu, 15-21 Januari 2023. Ia menuturkan, para atlet se-Indonesia akan bertanding di beberapa tempat dan venue yang ada di Solo dan menginap di Asrama Haji Donohudan, Boyolali.

“Sebagian peserta hari ini sudah memasuki Solo. Hari ini sudah ada 11 provinsi yang memasuki Kota Solo. Selebihnya akan datang pada besok,” katanya.

2. Ada acara jalan sehat bersama Presiden Jokowi.

Jadwal Porseni NU di Solo, Dihadiri Presiden Jokowi dan Ribuan Santri Presiden Joko “Jokowi” Widodo beri arahan dalam Rakornas BMKG 2022. (dok. YouTube Info BMKG).

Acara Porseni sendiri diawali dengan kegiatan jalan sehat pada tanggal 22 Januari 2023 yang akan diikuti oleh sekitar 40.000 ribu orang, termasuk para pejabat diantaranya, Menko Polhukam, Mahfud MD, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim, dan beberapa menteri lain.

"Petinggi NU datang semua, ada Menkopolhukam, Mentri Agama, Erick Thohir, Mendikbud. Ada sekitar 7 atau 8 pejabat negara yang hadir," jelasnya.

Di dalam perhelatan Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) Nahdlatul Ulama (NU), ada beberapa acara sampingan (side event) antara lain shalawatan bareng Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf, makan malam dengan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, dan Jalan Sehat bersama Presiden Joko Widodo.

3. Penutupan dan pembukaan digelar di GOR Sritex Arena.

Jadwal Porseni NU di Solo, Dihadiri Presiden Jokowi dan Ribuan Santri Logo NU (twitter.com/nahdlatululama)

Selain para menteri Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga dijadwalkan hadir dalam gelaran jalan sehat tersebut.

"Presiden insyaallah hadir. Kami sudah menghadap beliau akan kehadiran tapi sampai hari ini tinggal menunggu kepastian dari Setneg dan Sepres," terangnya.

Terkait rute Nusron menambahkan, start dan finish di Pura Mangkunegaran melewati Jl. Ronggowarsito, Slamet Riyadi dan Jl. Kartini.

"Penutupan di Sritek acaranya exhibition pemain badminton legend, 21 Januari 2023 malam," tutupnya.

Kegiatan Porseni sendir akan dibuka pada tanggal 15 Januari 2023 di GOR Sritex Arena.

Baca Juga: 82,4 Persen Millennial Ngoplo, Para Ulama Jateng Diminta Perkuat Mental dan Spiritual

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya