Jelang Pelantikan Presiden, Polresta Solo Perketat Pengamanan

Keluarga Jokowi tidak meminta pengaman khusus

Solo, IDN Times - Menjelang pelantikan presiden terpilih dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) - Maruf Amin yang akan digelar pada 20 Oktober mendatang, Kepolisian Resort Kota Solo memperketat pengamanan kawasan kediaman Joko Widodo (Jokowi) di Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo, Jawa Tengah.

Baca Juga: 3 Ring Pengamanan Pelantikan Presiden, Rekayasa Lalin Situasional

1. Kerahkan patroli keliling

Jelang Pelantikan Presiden, Polresta Solo Perketat PengamananIDN Times / Larasati Rey

Kapolresta Solo, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Andy Rifai mengatakan menjelang pelantikan pihaknya akan mengerahkan patroli keliling dengan sepeda motor dan juga patroli reguler dengan mobil. Hal tersebut untuk mengantisipasi aksi teror dan kericuhan menjelang pelantikan.

"Menjelang pelantikan selain penjagaan tertutup, kita juga kerahkan patroli keliling dengan sepeda motor selain patroli reguler dengan mobil,"ujarnya.

Selain itu, pengamanan sesuai Standar Operasional Prosedur juga dilakukan di kediaman tetap berjalan seperti biasa sebagaimana prosedur pengamanan VVIP. Untuk ring pertama dilaksanakan Pasukan Pengamanan Presiden, kemudian ring kedua dari unsur TNI lainnya dan polisi di ring ketiga untuk pengawasan kawasan.

"Ya sepeti biasanya pengamanan melibatkan TNI dan Polri dengan melakukan patroli serta menempatkan petugas berjaga selama 24 jam di lokasi rawan," jelas Andy.

2. Pihak keluarga tidak meminta pengaman khusus

Jelang Pelantikan Presiden, Polresta Solo Perketat Pengamananyoutube.com/najwashihab

Kendati pihak keluarga tidak meminta adanya pengamanan khusus, namun pihak Kepolisian tetap memberikan pelayanan keamanan sesuai dengan SOP yang telah berlaku.

“Untuk kegiatan preventif kita lakukan sosialisasi kepada masyarakat hingga komunikasi antar stakeholders. Kita galakan untuk menciptakan situasi Kota Solo tetap aman dan kondusif. Seperti dengan mahasiswa," jelanya.

3. Jelang pelantikan situasi relatif aman

Jelang Pelantikan Presiden, Polresta Solo Perketat PengamananIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Lebih lanjut, AKBP Andi Rifa’i mengurai kondisi keamanan di Kota Solo menjelang pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin saat ini masih berjalan aman. Pihaknya berharap, kondisi tersebut bisa berjalan hingga seterusnya.

Selain kediaman Jokowi, pihaknya juga melakukan pengawasan objek vital lainnya seperti Kantor KPU Solo dan Kantor Bawaslu Solo.

Baca Juga: Dalam 4 Hari 26 Teroris Ditangkap, Terkait dengan Pelantikan Presiden?

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya