Jemaah Haji Asal Embarkasi Solo Terbanyak Langgar Aturan Air Zam-Zam

Sebanyak 125 piece air zam-zam disita.

Surakarta, IDN Times - Panitia Penyelenggaran Ibadah Haji (PPIH) Asrama Haji Donohudan, Boyolali mencatat adanya pelanggaran jamaah haji yang nekat membawa pulang air zam-zam di dalam koper bagasi masing-masing.

Padahal dalam aturan, jemaah haji dilarang membawa air zam-zam secara mandiri di dalam koper mengingat adanya larangan membawa zair cair di dalam pesawat.

Baca Juga: Cerita Jemaah Haji: Dulu Itu Haji Kelaparan, Sekarang Kekenyangan

1. Ratusan piece air zam-zam disita

Jemaah Haji Asal Embarkasi Solo Terbanyak Langgar Aturan Air Zam-ZamIlustrasi Ibadah Haji (ANTARA FOTO/REUTERS/Ganoo Essa)

Koordinator Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo, Sarip Syamsul Samsudin mengatakan pada penyelenggaran pemulangan jemaah haji dari Jeddah ke Embarkasi Adi Soemaemo Solo (SOC) petugas menemukan banyak pelanggaran yang dilakukan oleh jemaah haji asal Embarkasi SOC. Dimana petugas menemukan 125 piece air zam-zam yang dimasukkan ke dalam koper bagasi jemaah haji.

"Kita mendapat teguran kloter SOC paling juara membawa air zam-zam. Untuk kloter 1 SOC ada 125 pieces. Kloter SOC paling banyak dibandingkan dengan embarkasi lain," katanya saat ditemui di Asrama Haji Dobohudan, Jumat (15/7/2022).

Sarip mengatakan pelanggaran yang dilakukan oleh jemaah haji tersebut terbilang paling banyak dilakukan. Di posisi kedua ada Embarkasi Padang dengan 65 piece.

2. Pelanggar terbanyak dari jemaah Embarkasi SOC.

Jemaah Haji Asal Embarkasi Solo Terbanyak Langgar Aturan Air Zam-ZamPetugas Asrama Haji Donohudan, menatan koper calon jemaah haji. (IDN Times/Larasati Rey)

Lebih lanjut Sarip mengungkapkan jika sudah ada edukasi terkait larangan membawa air zam-zam di dalam pesawat. Edukasi tersebut disampaikan oleh kepala kloter masing-masing baik sebelum berangkat maupun sudah berada di Tanah Suci.

"Sudah diinfokan ke ketua kloter juga, cairan memang tidak boleh masuk itu sudah aturan dari otoritas penerbangan tidak bisa diperkenan di penerbangan," jelasnya.

Adapan pelanggaran yang dilakukan oleh para jemaah haji dimana botol air zam-zam dengan botol air mineral kemudian di plakban dan dimasukkan ke dalam koper. Menurut Sarip, meski jemaah haji membungkus dengan rapat, namun tetap saja zair cair apa pun tidak diperkenankan dalam penerbangan.

3. Jemaah haji dapat jatah 5 liter.

Jemaah Haji Asal Embarkasi Solo Terbanyak Langgar Aturan Air Zam-ZamLiputan 6

PPIH Asrama Haji Donohudan sendiri telah menyediakan layanan air zam-zam untuk para jemaah haji. Air zam-zam sendiri dikirim langsung dari Arab Saudi dengan menggunakan pengiriman khusus. Para jamaah haji mendapat kouta air zam-zam sebanyak 5 liter yang diberikan gratis kepada jemaah.

"Layanan ini sudah lama dilakukan, jadi tujuannya agar jemaah tidak repot-repot membawa air sendiri," pungkas Sarip.

PPIH Asrama Hadi Donohudan sendiri memberangkatkan 15447 jemaah, kloter pertama direncanakan akan tiba di Bandara Adi Soemarmo pada Jumat 15 Juli 2022 pukul 22.15 WIB. Petugas sendiri tidak memberlakukan sistem karantina bagi jemaah haji, akan tetapi petugas tetap menerapkan screening kesehatan.

Baca Juga: Kios Pasar Pemkot Solo Ditawarkan via Online, Gibran Akan Cabut SHPnya

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya