Kondisi 8 Pegawai Kemenparekraf yang Positif COVID-19, Kategori OTG!

Dua hotel berbintang di Solo terpaksa tutup 

Solo, IDN Times - Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Ahyani mengatakan jika pegawai Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yang dikonfirmasi positif COVID-19 saat ini menjadi delapan orang.

Delapan pegawai Kemenparekraf tersebut kini mendapatkan perawatan di rumah sakit setelah dinyatakan positif COVID-19.

Baca Juga: 6 Pegawai Kemenpar Positif COVID-19, Dua Hotel Bintang di Solo Ditutup

1. Tugas kunjungan kerja ke Solo

Kondisi 8 Pegawai Kemenparekraf yang Positif COVID-19, Kategori OTG!surat kabar elektronik

Para pegawai Kemenparekraf tersebut datang ke Solo, Jawa Tengah pada Kamis (16/7/2020) untuk kunjungan kerja. Mereka menginap di dua hotel berbintang di Kota Solo.

Mereka dinyatakan positif kedua hotel berbintang di Solo tersebut kini harus tutup selama sepekan untuk dilakukan penyemperotan disinfektan.   

2. Berbekal surat keterangan non reaktif dari Rapid test

Kondisi 8 Pegawai Kemenparekraf yang Positif COVID-19, Kategori OTG!Ilustrasi Rapid Test Plasma (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Ahyani menguntarakan jika sebelum berangkat ke Solo para pegawai tersebut telah menjalani dua test, yakni Rapid test dan swab polymerace chain reaction (PCR).

Dan saat pegawai kementerian tersebut datang ke Solo berbekal hanya berbekal surat sehat dari Rapid test dengan keterangan non reaktif. Sedangakan hasil swab PCR sendiri belum keluar. Sesampainya di Solo, hasil swab baru keluar, dan hasilnya dinyatakan positif COVID-19.

"Tadi sebenarnya mereka sudah swab di Jakarta, tapi hasilnya belum keluar. Makanya mereka pakai keterangan Rapid test yang negatif. Ternyata sampai Solo hasil PCR keluar dan positif," ujar Ahyani Sabtu (18/7/2020).

3. Langsung lapor ke gugus tugas

Kondisi 8 Pegawai Kemenparekraf yang Positif COVID-19, Kategori OTG!www.Unsplash.com/Martin Sanchez

Setelah mengetahi hasil PCR yang dinyatakan positif COVID-19, para pegawai kemudian melapor ke tim Gugus Tugas COVID-19. Oleh tim, para pegawai tersebut langsung dibawa ke rumah sakit untuk menjalani isolasi.

"Kami langsung membawa mereka untuk isolasi di rumah sakit. Sebab kami nggak yakin mereka bisa isolasi mandiri di hotel," ujarnya.

4. Masuk dalam katagori orang tanpa gejala

Kondisi 8 Pegawai Kemenparekraf yang Positif COVID-19, Kategori OTG!Ilustrasi tenaga medis. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Ahyani menggungkapkan jika kondisi pegawai Kemenparekraf tersebut dalam kedaan sehat, tak ada tanda-tanda spesifik seperti demam tinggi, batuk dan lainnya. Mereka masuk dalam katagori orang tanpa gejala (OTG).

"Saat ini kondisinya sehat dan tanpa gejala apapun," jelasnya.

Pemkot langsung melakukan tracing pada pegawai hotel. Mulai dari front office hingga office boy yang berkontak dengan pasien akan dilacak oleh Pemkot.

Baca Juga: 6 Pegawai Kemenparekraf yang Positif COVID-19 di Solo Diisolasi di RS

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya