Libur Lebaran, Tiga Destinasi Baru Solo Jadi Primadona 

Solo disebut jauh lebih ramai dari Jogja

Surakarta, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Solo mendata jika tingkat kunjungan wisatawan saat arus mudik Lebaran 2023 mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

Dimana angka kunjungan wisatawan domestik ke Kota Solo, Jawa Tengah dari tanggal 17-29 April 2023 tercatat sebanyak 337.725 orang. Sedangkan pada kurun waktu yang sama jumlah wisatawan mancanegara mencapai 404 orang.

Baca Juga: Cek Harga Tiket dan Jam Buka Solo Safari, Wajah Baru Jurug Solo Zoo

1. Disokong dari adanya tiga destinasi baru di Solo.

Libur Lebaran, Tiga Destinasi Baru Solo Jadi Primadona Singa di Solo Safari. (IDN Times/Larasati Rey)

Kepala Bidang Destinasi dan Pemasaran Wisata Dinas Pariwisata Kota Surakarta Gembong Hadi, mengatakan kenaikan jumlah wisatwan di Kota Solo ini tak lepas dari hadirnya tiga lokasi wisata baru di Kota Solo. Ketiga lokasi tersebut yakni Masjid Sheikh Zayed, Solo Safari, dan Pracima Tuin.  

"Dibandingkan dengan tahun lalu lebih meningkat ya. Tahun lalu belum ada tiga destinasi yang menjadi ini saat ini, belum ada Pracima Tuin, Solo Safari, Masjid Sheikh Zayed," katanya Selasa (2/5/2023).

Kendati demikian kenaikan jumlah wisatawan tersebut belum diimbangi dengan range of stay atau periode lama wisatawan menginap di Kota Solo. Dimana saat ini range of stay di Kota Solo baru mencapai 1.35 per hari.

"Kalau mengacu dari tahun lalu, itu wisatawan domestiknya ada 1,35 hari rata-rata, sedang wisatawan mancanegaranya ada 2,51 hari," katanya lagi.

2. Jadi tujuan wisatawan dari luar daerah

Libur Lebaran, Tiga Destinasi Baru Solo Jadi Primadona Umat muslim melaksanakan salat tarawih pertama Ramadhan 1444 H di Masjid Raya Sheikh Zayed, Solo, Jawa Tengah, Rabu malam (22/3/2023). (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/aww.)

Sementara itu menanggapi membludaknya jumlah wisatwan di Kota Solo yang dinilai jauh lebih ramai bila dibandingkan dengan Yogyakarta, Walikota Solo mengatakan jika saat ini akses menuju Kota Solo dinilai lebih mudah, selain adanya kereta listrik atau KRL dar Yogyakarta, hadirnya jalan tol juga menambah kemudahan wisawatan menuju Kota Solo.

"Ya ini mungkin lebih ke masalah akses wae kok, yang sekarang kan naik KRL murah dekat dan itu menjadi pilihan, dengan adanya akses ini sangat-sangat menguntungkan apalagi sekarang adanya akses tol itu sangat-sangat membantu," ujar Gibran.

Berdasarkan data dari Dinas Pariwisata Kota Solo target wisatwan di Kota Solo naik 5 persen, dengan target rincian wisatawan domestim 1.427.477 orang, dan wisatwan mancanegara 4.945 orang.

3. Lirik penerbangan dari luar negeri.

Libur Lebaran, Tiga Destinasi Baru Solo Jadi Primadona Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka. (IDN Times/Larasati Rey)

Lebih lanjut, Gibran mengaku akan membuka kembali penerbangan luar negeri di Bandara Adi Soemarmo, Solo. Menurutnya, pihaknya telah berkoordinasi dengan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI untuk meningkatkan jumlah wisatwan luar negeri di Kota Solo.

"Akses penerbangan internasional kemarin beliau (Sandiaga Uno) sudah menyinggung itu ditunggu wae. Singapore, Kuala Lumpur itu wajib simpel itu paling simpel. Wisatawan Singapore, Kuala Lumpur itu paling simpel paling penak pesawate murah," jelasnya.

Gibran juga mengaku mendapatkan usulan dari Menteri Parekraf Sandiaga Salahudin Uno untuk meningkatkan jumlah wisatawan mancanegara.

"Kalau kita nanti sudah jadi kota creative coty network itu kita bisa bikin event-event internasional gampang sekali, kemarin yang mendorong pak Sandi juga," pungkasnya.

Baca Juga: Gibran Tangkap 4 Juru Parkir Liar Masjid Syeikh Zayed Solo, Ngepruk!

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya