Pernikahan Kaesang, 45 Jet Pribadi Ajukan Parkir di Bandara Solo

Parking stand disiapkan untuk 34 pesawat

Boyolali, IDN Times - Bandara Adi Soemarmo hingga Jumat, telah menerima 45 permintaan area parkir untuk pesawat carter atau jet pribadi.

Berbagai persiapan dilakukan oleh Angkasa Pura sebagai pengelola bandara. Mulai dari menyiapkan slot parkir hingga memperketat pengamanan bandara.

Baca Juga: Polisi Operasikan Drone di 4 Lokasi Jelang Pernikahan Kaesang-Erina

1. Ada 45 permohonan parkir pesawat carter

Pernikahan Kaesang, 45 Jet Pribadi Ajukan Parkir di Bandara SoloAntrean penumpang di Bandara Adi Soemarmo Solo. Dampak banjir Jakarta penerbangan rute Solo-Halim sempat ditutup. Dok Humas Bandara Adi Soemarmo Solo

Legal Compliance and Stakeholder Relation Manager Bandara Adi Soemarmo, Gerrie Razaq menyatakan, berdasarkan data yang diperoleh hingga Jumat (9/12/2022) dari tanggal 7 Desember 2022 hingga 13 Desember 2022 tercatat sudah ada 45 request parking stand untuk pesawat charter.

Selain itu ada juga 2 request parking stand untuk pesawat kepresidenan, dan 5 request dari airline untuk mengganti tipe pesawat menjadi tipe pesawat yang lebih besar.

"Data ini masih bisa berubah sewaktu-waktu. Kami melakukan penyesuaian agar parking stand kami tersedia dapat menampung 34 pesawat," katanya.

Pesawat jet pribadi itu menurutnya juga sudah ada yang datang pada tanggal 7 Desember 2022 lalu.

2. Parking stand di Bandara Adi Soemarmo dianggap masih memadai

Pernikahan Kaesang, 45 Jet Pribadi Ajukan Parkir di Bandara SoloPintu keberangkatan Bandara Adi Soemarmo, Solo (IDNTimes/Larasati Rey)

Menurut Gerrie, pesawat tersebut tidak datang secara bersamaan, namun ada perbedaan jam kedatangan dari para pesawat charter tersebut.

"Datangnya tidak berbarengan. Jadi sampai sekarang perkiraan kami parking stand yang tersedia di Bandara Adi Soemarmo masih memadai," ungkapnya.

Lebih lanjut, Gerrie mengatakan rata-rata pesawat charter yang parkir tersebut sebagian besar berasal dari Jakarta.

"Sebagian besar pesawat Charter dari dan menuju Jakarta," jelasnya.

Ditanya soal pesawat charter dari luar negeri, Gerrie mengaku hingga saat ini belum ada konfirmasi terkait pesawat charter dari luar negeri.

"Untuk pesawat Charter luar negeri saat ini kami belum dapat memberi informasi, kami masih butuh konfirmasi dari pihak ground handling," pungkasnya.

3. Penyesuaian parking stand bandara dan penambahan personel

Pernikahan Kaesang, 45 Jet Pribadi Ajukan Parkir di Bandara Solopexels

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adi Soemarmo, Yani Ajat Hermawan mengatakan, untuk mengantisipasi pergerakan tamu VIP dan VVIP saat tasyakuran ngunduh mantu pernikahan anak bungsu Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Minggu (11/12/2022), pihaknya melakukan beberapa penyesuaian. Yakni mulai dari penyiapan parking stand hingga penambahan personil Aviation Security.

"Kami akan melakukan penyesuaian agar parking stand Bandara Adi Soemarmo dapat menampung hingga 34 pesawat. Namun kami pastikan penyesuaian tersebut tidak akan mengganggu jadwal penerbangan reguler,” ujar Jumat (9/12/2022).

 

Baca Juga: Bandara Adi Soemarmo Siapkan 34 Slot Parkir saat Pernikahan Kaesang

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya