Polda Jateng Terjunkan 3.616 Personel Amankan Piala Dunia U-17 di Solo

Pengamanan Dilakukan Humanis dan Proporsional

Surakarta, IDN Times - Polda Jawa Tengah menerjunkan sebanyak 3.616 personel gabungan Polri dan TNI untuk pengamanan dalam rangkaian pertandingan piala dunia FIFA U-17 di Kota Solo.

Apel gelar pasukan diselenggarkan di alun-alun Utara Kota Solo, Kamis (9/11/2023).

Baca Juga: Harga Tiket Piala Dunia U-17 di Stadion Manahan dan Cara Belinya

1. Siagakan ribuan personel

Polda Jateng Terjunkan 3.616 Personel Amankan Piala Dunia U-17 di SoloApel Gelar Pasukan Piala Dunia U-17. (IDN Times/Larasati Rey)

Sebanyak 3.616 personel gabungan Polri dan TNI mengikuti kegiatan tersebut dan dipimpin langsung Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi. Apel gelar pasukan dalam rangka mengamankan piala Dunia FIFA U-17, juga dilaksanakan secara serentak oleh 3 Polda lainnya yaitu Polda Metro Jaya, Polda Jawa Barat, dan Polda Jawa Timur.

Dalam amanatnya Irjen Ahmad Luthfi menyebutkan, pengamanan piala dunia FIFA U-17 merupakan kebanggaan bagi setiap personel Polri dan TNI yang terlibat serta membawa nama harum bangsa Indonesia di kancah Internasiona.

"Sedangkan apel gelar pasukan ini adalah rangkaian terakhir kesiapan kita mengamankan gelaran piala dunia U-17 di Jawa Tengah. Polda Jateng dan stakeholder lainnya siap mengamankan rangkaian piala dunia U-17 di wilayah Solo," ujarnya.

2. Pengamanan dilakukan secara humanis dan profesional

Polda Jateng Terjunkan 3.616 Personel Amankan Piala Dunia U-17 di SoloApel Gelar Pasukan Piala Dunia U-17. (IDN Times/Larasati Rey)

Lebih lanjut, mantan Kapolresta Solo tersebut mengatakan, pengamanan dilakukan menyeluruh baik tempat latihan, Stadion Manahan sebagai venue pertandingan, para penonton, pemain hingga tempat penginapan masing-masing negara peserta.

Setiap personel pengamanan yang ditugaskan telah mendapatkan pelatihan dan siap diterjunkan untuk mengamankan kegiatan pertandingan dan menjaga situasi Kamtibmas.

"Pelaksanaan pengamanan dilakukan secara humanis dan proposional. Setiap petugas memahami bahwa suksesnya penugasan ini merupakan kebanggaan dan membawa nama baik bangsa Indonesia," jelasnya.

3. Imbau warga untuk membantu sukseskan Piala Dunia U-17

Polda Jateng Terjunkan 3.616 Personel Amankan Piala Dunia U-17 di SoloApel Gelar Pasukan Piala Dunia U-17. (Dok/Istimewa))

Selain Ops Aman Bacuya, Irjen Ahmad Luthfi menyebut bahwa Polri khususnya Polda Jateng saat ini juga gelar Ops Mantap Brata dalam rangka pemilu.

"Semua ini kita lakukan untuk menjamin keamanan masyarakat terkait proses demokrasi dan even internasional di wilayah Jateng," ungkapnya.

Dirinya turut menghimbau kepada masyarakat untuk menjaga sitkamtibmas dengan menjadi tuan rumah yang baik dalam gelaran even tingkat dunia tersebut. Dengan demikian akan menunjukkan pada dunia bahwa Indonesia mampu menjadi tuan rumah yang baik selama Piala Dunia U-17.

"Mari kita jadi tuan rumah yang baik. Kita tonton gelaran internasional ini. Kita dukung secara sportif. Sehingga menjadi spirit bagi dunia sepak bola di kancah internasional maupun di Indonesia," pungkasnya.

Baca Juga: Jadwal Piala Dunia U-17 2023 Grup B di Stadion Manahan Solo

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya