Rayap Makan Uang Samin di Solo Rp50 Juta, Tabungan 2,5 Tahun

Sedianya mau digunakan untuk naik haji sekeluarga

Surakarta, IDN Times - Rayap memakan uang tunai senilai Rp50 juta milik Samin (53). Ia merupakan penjaga sekolah kontrak di SDN Lojiwetan, Kedung lumbu, Pasar Kliwon, Kota Solo

1. Uang tabungan selama 2,5 tahun

Rayap Makan Uang Samin di Solo Rp50 Juta, Tabungan 2,5 TahunUang milik penjaga sekolah SD Lojiwetan Solo yang dimakan rayap. (IDN Times/Larasati Rey)

Uang tabungan tersebut disimpan di tiga celengan plastik miliknya. Nahas, saat dibuka pada Selasa (13/9/2022), Samin mendapati uangnya yang sebagian besar pecahan Rp50 ribu dan Rp100 ribu telah rusak. Ia pasrah karena uang yang dikumpulkannya selama 2,5 tahun ludes berbentuk sobekan-sobekan kecil.

Total uang tunai di tiga celengan tersebut, berjumlah Rp100 juta. Adapun, uang tunai yang masih bisa diselamatkan sebesar Rp49.800.000.

Kepada IDN Times, Samin mengaku uang itu merupakan hasil kerja kerasnya, yang mana setiap hari ia menyisihkan Rp100 ribu hingga Rp300 ribu dari penghasilannya sebagai penjaga sekolah dan penjual makanan anak-anak di kantin sekolah tersebut.

"Jadi setiap hari, saya membuat minum untuk guru-guru dan berjualan di kantin sekolah. Kalau setiap harinya saya jadi penjaga sekolah sini sebagai pegawai kontrak TKPK (Tenaga Kerja dengan Perjanjian Kontrak) tiga tahun ini. Sebelumnya tenaga honorer sejak tahun 1996," katanya.

Baca Juga: 21 Tahun Kumpul sama Rayap, Niken Jadi Guru Besar Unnes Semarang

2. Uang untuk mendaftar haji

Rayap Makan Uang Samin di Solo Rp50 Juta, Tabungan 2,5 TahunUang milik penjaga sekolah SD Lojiwetan Solo yang dimakan rayap. (IDN Times/Larasati Rey)

Samin berencana menggunakan uang tersebut untuk mendaftar haji bersama sang Istri, Wati (48) dan kedua anaknya, yang berkuliah di UNS Solo dan sekolah di SMKN 2 Solo.

Awalnya, ia membongkar tiga celengan itu setelah berniat membongkar tumpukan tas yang ada di dalam rumah, yang berada satu kompleks di sekolah tersebut.

Samin mendapati rayap di tas-tas tersebut pada Selasa (13/9/2022) Pagi, pukul 09.00 WIB. Sontak, ia langsung bergegas mengecek tabungannya dan ternyata celengannya juga sudah dimasuki rayap.

"Saya curiga ada rayap dan langsung saya bongkar semua. Dan satu celengan sudah tidak bisa terselamatkan," jelasnya.

3. BI ukur uang rusak Samin

Rayap Makan Uang Samin di Solo Rp50 Juta, Tabungan 2,5 TahunPenukaran uang milik penjaga sekolah SD Lojiwetan Solo yang dimakan rayap. (IDN Times/Larasati Rey)

Setelah kejadian itu, Samin beserta istrinya berangkat ke Bank Indonesia (BI) untuk menukarkan sisa uang yang tersisa ke Bank Indonesia Cabang Solo, di Jalan Jenderal Sudirman, Kota Solo. Ia diterima Kepala Perwakilan Bank Indonesia Solo, Nugroho Joko Prastowo di ruang Griya Krida Lumaksa. 

Samin dan istri tidak mengetahui jika jadwal penukaran uang hanya dilayani setiap Kamis per pekannya.

Bank Indonesia menerima uang-uang Samin. Sedianya, BI mengukur luasan 2/3 persen dari uang rusak milik Samin, sebagaimana ketentuan penukaran uang rusak atau cacat.

"Jadi ini kita terima, tapi nanti kita bantu apakah uang yang dibawa ini masih masuk luasan 2/3 persen dari bagian uang tersebut, kalau masih, ya bisa ditukarkan, tapi kalau tidak ya tidak bisa," ungkap Nugroho.

Ia mengimbau kepada seluruh warga Solo untuk tidak menyimpan uang di celengan, di bawah tempat tidur, atau di lemari yang berpotensi rusak atau dimakan rayap, melainkan bisa disimpan di bank.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Merawat Rumah Kayu Biar Tidak Digerogoti Rayap

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya