RS Moewardi Punya Fasilitas Baru, Stemcell Hingga Radiologi Nuklir

Tak perlu berobat ke luar negeri.

Surakarta, IDN Times - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meresmikan sejumlah gedung penting di RSUD Dr Moewardi, Solo yakni Gedung Tulip Radiologi Nuklir & Onkologi Terpadu, Laboratorium Stemcell, Gedung Kenanga Administrasi dan gedung parkir, pada Selasa (11/7/2023).

Baca Juga: Sejarah dr Moewardi, Dokter 'Gembel' yang Berani Mendebat Soekarno

1. Bangun fasilitas baru.

RS Moewardi Punya Fasilitas Baru, Stemcell Hingga Radiologi NuklirGanjar Pranowo meninjau gedung baru RSUD dr Moewardi. (IDN Times/Larasati Rey)

Direktur RSUD Dr. Moewardi Cahyono Adi mengatakan gedung Tulip Radiologi Nuklir dan Onkologi terdiri dari 9 lantai. Gedung tersebut difungsikan untuk pelayanan rawat inap, rawat jalan, serta terapi radiologi nuklir dan onkologi.

Sementara itu untuk pengobatan radiologi nuklir terdapat pada lantai basement 1 dan 2 dengan dinding-dinding beton setebal hingga 1,2 meter serta dengan kerapatan tinggi untuk menghindari kebocoran radiasi nuklir.

Lebih lanjut, Cahyono mengatakan RSUD Dr. Moewardi saat ini juga memiliki Gedung Kenanga Administrasi & Parkir yang terdiri dari 13 lantai. Sedangkan area administrasi yang terdiri dari ruangan untuk pejabat struktural dan staf administrasi, Kelompok Staf Medis (KSM), Komite-komite di RSUD Dr Moewardi menempati lantai 8 hingga lantai 11.

“Di Gedung Kenanga ini, 2 lantai basement untuk food court dan water treatment. Kemudian, lantai 1-2 dimanfaatkan untuk food court dan alur parkir, lantai 3-7 juga untuk area parkir,” jelasnya.

“Di lantai 8-11 juga terdapat beberapa ruang meeting, ruang studio, ruang arsip dan coffee corner untuk pegawai. Area Direksi dan ruang meeting direksi berada di lantai 12. Terakhir lantai 13 (Rooftop) dimanfaatkan untuk ruang pertemuan (aula),” imbuhnya.

2. Kembangkan penelitian tentang stemcell.

RS Moewardi Punya Fasilitas Baru, Stemcell Hingga Radiologi NuklirLaboratorium Stemcell RSUD dr. Moewardi. (IDN Times/Larasati Rey)

Tak hanya itu, RSUD dr. Moewardi juga membangun Laboratorium Stemcell yang berlokasi di lantai 5 Gedung Flamboyan RSUD Dr. Moewardi, laboratorium tersebut dibangun dengan tujuan memproduksi sel Punca.

“Terapi Stemcell dinilai sebagai prosedur pengobatan yang paling menjanjikan di dunia kedokteran saat ini. Karena diyakini dapat mengatasi berbagai penyakit yang sulit disembuhkan,” kata Cahyono.

Ditambahkannya, tata ruang di dalam Laboratorium Stemcell telah didesain sedemikian rupa sehingga akses petugas dapat melalui pintu-pintu khusus.
Selain itu, petugas juga memakai pakaian khusus yakni Alat Pelindung Diri (APD) yang bertujuan menjaga tingkat higienis dalam ruangan.

"Alur keluar-masuk produk Stemcell juga dirancang melewati pass box khusus yang terdapat sinar UV untuk membunuh bakteri. Begitu pula tata udara maupun material yang digunakan memperhatikan spesifikasi khusus dengan mempertimbangkan keberhasilan produksi sel punca yang sangat sensitif," terangnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Laboratorium Stemcell RSUD Arief Nuruddin mengatakan penelitian tentang stemcell sudah dilakukan sejak tahun 2016, penelitian teraebut melibatkan banyak dokter specialis.

"Kita berharap adanya laboratorium ini menghasilkan temuan-temuan medis yang berguna bagi dunia kedokteran, saat ini bahkan pasien stemcell yang sebelumnya berobat di Penang, Malaysia dan India," ungkapnya.

3. Tak perlu berobat ke luar negeri.

RS Moewardi Punya Fasilitas Baru, Stemcell Hingga Radiologi NuklirGubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (IDN Times/Larasati Rey)

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan memiliki sumberdaya bagus, bisa mengembangkan sisi ilmu kedokteran dan fasilitas yang dimiliki. Peralatan yang makin hari makin canggih dan fasilitas infrastruktur pendukungnya.

"Sehingga kita harapkan betul betul orang datang kesini mendapatkan pelayanan yang aman dan nyaman dengan biaya yang terjangkau," katanya.

Ganjar berharap nantinya warga tak lagi berbobat ke luar negeri. Ia juga mengakui jika Kota Solo memang memiliki banyak rumah sakit, ia menilai hal tersebut bagus kendati demikian ia juga meminta untuk terus gencar melakukan promosi.

"Moewardi ini berada di posisi yang sangat strategis di tengah-tengah Kota Solo. Perkembangan Kota Solo dan sekitarnya sangat pesat. Maka dalam dunia medis, kesehatan, kerumahsakitan, ternyata ini menjadi rujukan. Juga rumah sakit pendidikan. Yang berobat ke Moewardi ini tiap hari meningkat, bahkan dari Jawa Timur bagian barat itu juga kesini, termasuk dari Yogyakarta. Maka kita lagi mencoba penambahan penambahan fasilitas untuk Onkologi dan Kedokteran Nuklir, juga Stemcell ya kita lembangkan dan kita fasilitasi masyarakat yang datang kesini," kata Ganjar.

Baca Juga: Jadwal KRL Solo-Jogja Terbaru Dari Solo Balapan ke Stasiun Tugu

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya