Soal Kaesang, Gibran Minta Kaesang Blusukan ke Depok

Minta restu ke warga jangan pak Jokowi

Surakarta, IDN Times - Usai bicara soal kesiapan menjadi calon Wali Kota Depok, putra bungsu Presiden Joko "Jokowi" Widodo Kaesang Pangarep langkah politik terus dipertanyakan.

Hingga saat ini, Kaesang masih belum berkomentar soal unggahan video di kanal YouTube Kaesang Pangarep by GK Hebat, yang berjudul "Klarifikasi: Saya buka suara".

1. Presiden Jokowi bicara soal tanggung jawab

Soal Kaesang, Gibran Minta Kaesang Blusukan ke DepokGoogle

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengaku tak ikut campur terkait keputusan Kaesang yang menyatakan siap maju menjadi 'Depok Pertama'.

Presiden Jokowi mengatakan Kaesang sudah berkeluarga sehingga mempunyai tanggung jawab sendiri.

"Gini loh, saya itu terbiasa ya, terbiasa kalau yang namanya anak sudah berkeluarga, saya punya anak sudah berkeluarga, itu tanggung jawabnya ada sudah di mereka," kata Jokowi di Kantor BPKP, Jakarta Timur, Rabu (14/6/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi juga berbicara soal restu dan dukungan. "Tugasnya orang tua itu merestui dan mendoakan," ujar Jokowi.

"Kalau saya ditanya, saya pasti memberikan saran. Tapi kalau saya tidak ditanya saya pasti tidak memberikan saran," pungkasnya.

2. Minta restu ke warga

Soal Kaesang, Gibran Minta Kaesang Blusukan ke DepokKaesang Pangarep & Erina Gudono saat berkunjung di maal Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Menanggapi komentar Presiden Jokowi teraebut, Kakak Kaesang Pangarep yang juga Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka turut memberikan jawaban yang sama. Ia tak ingin berkomentar banyak, dan meminta untum menanyakan langsung kepada Kaesang.

"Tanya Kaesang," jawa Gibran.

Ditanya soal restu dari Presiden Jokowi, Gibran justru menjawab jika restu yang terpenting adalah dari warga Depok.

"Yowes, yowes, yang merestui itu warga, bukan Pak Jokowi, bukan ini bukan ini, yang merestui itu warga, ya," tegasnya.

3. Minta Kaesang blusukan ke Depok

Soal Kaesang, Gibran Minta Kaesang Blusukan ke DepokBaliho bergambarkan Kesang yang didorong PSI untuk maju pada Pilkada Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Ditanya soal restu dari warga, Gibran justru meminta warga untuk melakukan blusukan ke Depok untuk melihat langsung reaksi warga Depok terhadap dirinya.

"Yo kono (sana) blusukan ning Depok kono, diterima atau gak kuncinya kan itu," katanya.

Lebih lanjut, ditanya soal perbedaan partai yang nantinya akan dijadikan kendaraan oleh Kaesang. Gibran mengaku tidak tahu menahu.

"Mau beda partai, beda wilayah tanya kaesang ya jangan tanya saya," jawabnya.

Ditanya soal keseriusan Kaesang maju Pilkada 2024 atau hanya gimmick semata. Gibran justru berkelar dan meminta awak media untuk menghiraukan pemberitaan sebelumnya.

"Ya anggap aja gimmick ya jadi beita kemarin dihiraukan saja terima kasih," pungkasnya.

Baca Juga: Gibran Soal Kaesang Maju Wali Kota Depok: Minta Restu ke Warga!

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya