Soal Koalisi, Zulkifli Hasan: PAN Pilih Gabung sama Partai Pemerintah

Ada peluang berkoalisi dengan Golkar

Surakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan (Zulhas) memastikan partainya akan bergabung dengan dengan partai-partai yang ada di pemerintahan ke depan.

Pernyataan tersebut disampaikan Zulhas saat menghadiri acara temu kader PAN di Sahid Jaya Hotel Solo, Rabu (13/7/2023).

1. Intensif bertemu dengan banyak pihak

Soal Koalisi, Zulkifli Hasan: PAN Pilih Gabung sama Partai PemerintahKetua Umum PAN, Zulkifli Hasan. (IDN Times/Larasati Rey)

Zulhas mengatakan, pihaknya intes melakukan komunikasi dan pertemuan dengan berbagai kalangan. Komunikasi tersebut membuka peluang koalisi dengan banyak partai untuk persiapan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Termasuk dengan Partai Golkar dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang beberapa waktu belakangan intens menjalin komunikasi dengannya.

"Kita intensif bertemu dengan berbagai kalangan mendekati bulan Oktober 2022, (waktunya) pendaftaran. Kita bertemu dengan berbagai kalangan," kata Zulhas.

Baca Juga: Mendag Zulkifli Hasan Bantah Tak Pernah Titip Ponakan ke Rektor Unila

2. Peluang koalisi dua partai

Soal Koalisi, Zulkifli Hasan: PAN Pilih Gabung sama Partai PemerintahKetum PAN Zulikfi Hasan (kiri), Ketum Golkar Airlangga Hartarto, dan Ketum PPP Suharso Monoarfa, datang bersamaan ke KPU untuk mendaftar parpol peserta Pemilu 2024, Rabu (10/8/2022). (IDN Times/Melani Putri)

Lebih lanjut, Zulhas mengakui, saat ini PAN dan Golkar tengah berkomunikasi untuk membentuk poros berkoalisi baru. Kendati demikian, kedua belah pihak masih memikirkan peluang tersebut.

Ia mengaku, jika kerja sama tersebut bisa diwujudkan, terlebih jumlah kursi kedua partai mencukupi untuk presidential threshold atau ambang batas pencalonan presiden. Demikian juga jika Golkar bekerja sama dengan Partai Gerindra maupun PKB.

"Tapi kita ingin koalisi partai ini bisa menang. Memang koalisi dua partai bisa, tapi kita lihat sekarang ukuran survei yang paling mungkin untuk join," katanya.

Tak hanya Golkar, PAN juga menjajaki pendekatan dengan PDIP. Bahkan sudah ada pertemuan antara keduanya.

"(Dengan PDIP) sudah, kan. Ya tadi, kita akan bersama-sama dengan partai pemerintah," ujarnya.

3. Belum ada pembicaraan soal cawapres

Soal Koalisi, Zulkifli Hasan: PAN Pilih Gabung sama Partai PemerintahKonsolidasi PAN di Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Ditanya soal rekomendasi cawapres, Zulhas mengaku hingga saat ini membicarakannya lagi.

"Tapi pada intinya, kita pasti akan bergabung dengan partai-partai di pemerintahan. Tapi bentuknya seperti apa, kita ini sedang dalam pembicaraan, karena perkembangan masih jalan terus termasuk soal cawapres," pungkasnya.

Baca Juga: Sidak ke Karanganyar, Mendag Zulkifli Hasan Bagi-Bagi Uang ke Pedagang

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya