Solo Kembali Gelar Indonesia Culinnary Festival 2023, Cek Jadwalnya

Sajikan kuliner khas tempo dulu yang legendaris.

Surakarta, IDN Times - Kota Solo kembali akan mengelar Solo Indonesia Culinary Festival 2023 pada tanggal 9-12 Maret 2023 di halaman Benteng Vastenburg Solo, Jawa Tengah. Sebanyak 120 stand peserta dengan beragam kuliner memeriahkan acara tersebut.

Baca Juga: Cek Harga Tiket dan Jam Buka Solo Safari, Wajah Baru Jurug Solo Zoo

1. Akan digelar selama empat hari.

Solo Kembali Gelar Indonesia Culinnary Festival 2023, Cek JadwalnyaSajian sate kere di acara Solo Indonesia Culinnary Festival. (IDN Times/Larasati Rey)

Ketua Panitia Pelaksana Solo Indonesia Culinary Festival 2023 Daryono di Solo, Kamis mengatakan pada tahun ini akan mengangkat tema cita rasa sate kuliner nusantara yang memiliki potensi untuk dikenalkan ke masyarakat lebih luas.

"Tahun ini kami kembangkan sate. Apalagi banyak wisatawan yang datang ke Solo karena ingin mencicipi kuliner sate khas Solo," katanya, Jumat (24/2/2023).

Selain sate sejumlah kuliner khas Kota Solo yang legendaris juga akan dikenalkan dalam festival kuliner nantinya. "Di samping sate, kita juga angkat serabi, selat Solo tentunya akan kita angkat, sosis solo dan makanan lainnya akan kita ekspose di sana. Dan nanti akan ada workshop di Dapoer Tempo Doloe, pembuaan makanan tradisional, baik itu Solo, Jawa maupun Nusantara selama gelaran ini berlangsung,” katanya.

2. Kenalkan jenis sate kere kepada masyarakat.

Solo Kembali Gelar Indonesia Culinnary Festival 2023, Cek JadwalnyaKuliner sate kere. (IDN Times/Larasati Rey)

Salah satu jenis sate yang jarang ditemui di daerah lain dan masih banyak didapati di Kota Solo, yakni sate kere.

"Sate kere ini berasal dari bahan baku buangan yang kemudian diolah menjadi makanan. Bukan hanya unggul dari cita rasa tetapi harganya bisa luar biasa," katanya.

Acara ini akan digelar selama empat hari. Setidaknya ada 10 ribu tusuk sate yang akan dibagikan secara gratis bagi pengunjung yang hadir. Bukan hanya sate kere, tetapi ada sate kambing, sapi, ayam, serya jenis sate lainnya.

3. Solo kaya akan aneka ragam kuliner.

Solo Kembali Gelar Indonesia Culinnary Festival 2023, Cek JadwalnyaIlustrasi sate kambing (instagram.com/camerakuliner)

Daryono mengatakan saat ini potensi pariwisata Solo mulai menggeliat dan kuliner merupakan salah satu alasan orang datang ke destinasi wisata. Apalagi, belum lama ini Solo terpilih menjadi salah satu kota cerdas pangan. Dengan ini Solo bergabung dengan 213 negara di dunia yang menyandang sebutan serupa.

"Event ini merupakan upaya untuk meningkatkan perekonomian daerah melalui kuliner. Saat ini kan setiap daerah berpacu meningkatkan ekonomi daerah," katanya.

Ia mengatakan event tersebut juga untuk mempertegas Solo sebagai kota kuliner. Menurut dia, dengan event yang bagus maka akan berdampak ada lama tinggal wisatawan di Solo.

"Ini in line antara misi pemerintah dengan swasta. Di satu sisi jalan cepat, yang sisi lain jangan jalan lambat. Kuliner kita minimal harus berdaulat di Indonesia," pungkasnya.

Baca Juga: Kpopers Wajib Tahu! Berfoto Ala Jennie BLACKPINK di Masjid Solo

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya