Tim 3 Negara Langsung ke Solo, Indonesia Ditarget Juara Umum APG 2022

"Saya yakin kalau targetnya juara umum pasti juara umum."

Surakarta, IDN Times - Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali bersama Ketua Indonesia Asean Paragames Organizing Comittee (INAPOC) Gibran Rakabuming Raka bertemu sejumlah atlet ASEAN Para Games (APG) 2022, di Stadion Manahan, Solo, Senin (18/7/2022). Selain melihat persiapan atlet difabel Indonesia, mereka juga melihat kesiapan venue di lima tempat.

1. Tinjau sejumlah venue pertandingan

Tim 3 Negara Langsung ke Solo, Indonesia Ditarget Juara Umum APG 2022Menpora Zainudi Amali dan Ketua INASPOC Gibran Rakabuming tinjau venue APG XI 2022. (IDN Times/Larasati Rey)

Sejumlah veneu pertandingan yang mereka kunjungi antara lain adalah venue untuk para atletik, venue tenis whilechair, venue boccia venue goalball, dan venue sepakbola.

"Tentunya saya berterima kasih pada Gibran dan jajaran Pemkot Solo yang luar biasa dalam waktu singkat persiapan ini semua. Kami optimis, Presiden Jokowi juga berharap pelaksanaan kedua kalinya di Solo ini bisa sukses. Secara keseluruhan kita sudah siap untuk menerima kedatangan peserta dari luar Indonesia, kami apresiasi," ujar Zainudin Amali dalam konferensi pers, Senin (18/07/2022).

2. Menpora semangati para atlet

Tim 3 Negara Langsung ke Solo, Indonesia Ditarget Juara Umum APG 2022Menpora Zainudi Amali dan Ketua INASPOC Gibran Rakabuming tinjau venue APG XI 2022. (IDN Times/Larasati Rey)

Menpora menyemparkan untuk berdialog dengan sejumlah atlet, menanyakan persiapan mereka. Ia berharap para atlet dapat berjuang untuk target juara pertama.

“Pokoknya di atletik harus bisa menghasilkan banyak medali. Kita sudah main di tempat kita sendiri. Tunjukkan kita bisa berprestasi karena kita sudah tahu tempat ini, bisa ya?,” ujar Menpora disambut teriakan ‘bisa’ para atlet.

Baca Juga: Torch Relay Mundur 7 Hari, Sebelum Pembukaan Asean Para Games 2022

3. Indonesia targetkan juara umum APG 2022

Tim 3 Negara Langsung ke Solo, Indonesia Ditarget Juara Umum APG 2022Menpora Zainudi Amali dan Ketua INASPOC Gibran Rakabuming tinjau venue APG XI 2022. (IDN Times/Larasati Rey)

Sementara itu, Gibran optimis kontingen Indonesia mampu meraih target juara umum karena diuntungkan, Indonesia sebagai tuan rumah event olahraga yang sempat tertunda selama dua kali karena pandemik COVID-19.

“Untuk prestasi saya kira tidak perlu diragukan lagi. Saya yakin kalau targetnya juara umum pasti juara umum,” katanya.

Gibran juga meminta para atlet maupun ofisial supaya melaporkan kepadanya jika terdapat kekurangan-kekurangan, baik dari sisi fasilitas maupun penyelenggaraan acara.

“Ini Para Games pertama di tengah pandemik, karena yang kemarin ditunda semua. Harapannya bisa berjalan lancar semua. Kalau ada fasilitas yang kurang lapor saja ke saya. Kalau masalah prestasi gak perlu diragukan lagi,” pungkasnya.

4. Ada lounge khusus untuk kontingen luar negeri

Tim 3 Negara Langsung ke Solo, Indonesia Ditarget Juara Umum APG 2022Ilustrasi bandara (IDN Times/Lia Hutasoit)

Gibran juga menyiapkan lounge khusus di Bandara Internasional Jakarta di Cengkareng. Lounge yang terpisah dengan penumpang umum lainnya untuk para kontingen APG 2022.

Lounge disediakan untuk mengakomodir para atlet difabel yang transit di Jakarta sehingga tidak perlu gate penerbangan. 

"Ya pokoknya kita pengin mempermudah semua kontingen semua peserta semua atlet untuk bisa melakukan penerbangan langsung ke Kota Solo, tapi misalnya tidak bisa pun nanti mampir sebentar di Cengkareng Terminal 3 di sana pun sudah disediakan tempat lounge khusus untuk Asean Paragames," jelasnya.

5. Tiga negara direct flight ke Solo

Tim 3 Negara Langsung ke Solo, Indonesia Ditarget Juara Umum APG 2022ANTARA FOTO/Maulana Surya

Sekjen INASPOC Rima Ferdianto mengatakan, ada empat negara kontingen ASEAN Paragames 2022 yang direct flight ke Solo. Ketiga negara tersebut Singapura, Malaysia, Thailand, dan Filipina.

“Tapi kontingen atlet mulai datang 26--28 Juli 2022. Untuk 4 kontingen yakni Singapura, Malaysia, Thailand, dan Filipina direct charter flight dari negara masing-masing ke Solo. Kemudian untuk 6 negara lain akan transit dulu di Soekarno-Hatta baru ke Solo,” urainya.

Untuk diketahui, sebanyak 1.285 atlet dari 10 negara ASEAN akan bertanding di ajang ASEAN Para Games 2022. Pembukaan ASEAN Paragames digelar pada 30 Juli 2022 di Stadion Manahan Solo.

Baca Juga: Nella Kharisma Nyanyikan Theme Song ASEAN Para Games XI 

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya