Banjir Bandang Terjang Enam Desa di Brebes, Ratusan Warga Mengungsi

Tanggul Sungai Babakan Jebol

Brebes, IDN Times - Setelah melanda sebagian wilayah Kota Tegal dan Kabupaten Tegal beberapa hari lalu, kini banjir bandang menerjang sisi selatan Kabupaten Brebes. Hujan deras sejak Rabu (8/1) sore hingga malam, menyebabkan enam desa di Kecamatan Ketanggungan terendam air hingga satu meter.

Baca Juga: Dramatis! Evakuasi Warga yang Panik Terkepung Banjir di Tegal

1. Banjir akibat meluapnya Sungai Babakan dan tanggul jebol

Banjir Bandang Terjang Enam Desa di Brebes, Ratusan Warga MengungsiIDN Times/ Istimewa

Banjir akibat luapan Sungai Babakan di Kecamatan Ketanggungan, Kabupaten Brebes menggenangi enam desa di sepanjang bantaran sungai, Rabu (8/1) malam. Selain disebabkan hujan deras sejak Rabu sore, banjir juga diakibatkan tanggul jebol akibat derasnya aliran sungai.

Ratusan rumah warga di Desa Sindangjaya, Desa Cikesal Kidul, Desa Cikesal Lor, Desa Pamedaran, Desa Buaran dan Desa Ketanggungan terendam banjir setinggi lutut orang dewasa hingga satu meter. Banjir paling parah terjadi di pemukiman dekat sungai.

2. Titik tanggul yang jebol di dekat Pasar Ciremai Ketanggungan

Banjir Bandang Terjang Enam Desa di Brebes, Ratusan Warga MengungsiIDN Times/ Muchammad Haikal

Akibat banjir, ratusan warga terpaksa mengungsi ke tempat lebih tinggi, karena rumahnya tak bisa ditempati. Mereka memanfaatkan masjid dan markas Koramil Ketanggungan untuk tempat mengungsi, dengan membawa anak-anaknya yang masih balita, serta keluarganya yang lansia.

Bagus seorang Relawan PMI Kabupaten Brebes, mengatakan, banjir akibat meluapnya Sungai Babakan dan jebolnya bangunan tanggul yang tidak kuat menahan arus. Titik tanggul jebol berada di dekat Pasar Ciremai Ketanggungan.

“Tanggul yang jebol di depannya pasar persis, karena tidak kuat menahan derasnya arus. Air dengan cepat menerjang permukiman dan jalan,” terangnya.

3. Warga mengungsi di koramil dan masjid

Banjir Bandang Terjang Enam Desa di Brebes, Ratusan Warga MengungsiIDN Times/ Muchammad Haikal

Terpisah, Kepala BPBD Kabupaten Brebes, Nuhsy Mansur mengatakan, pihaknya telah selesai melakukan evakuasi tahap pertama terhadap warga yang tempat tinggalnya terendam. Mereka ditempatkan sementara di Koramil Ketanggungan.

“Betul, semalam kita evakuasi warga ke Koramil dan masjid yang lokasinya lebih tinggi. Sekarang kita masih melakukan assessment warga lainnya,” ujar Nuhsy melalui sambungan telepon, Kamis (9/1) pagi.

Baca Juga: Sungai Cijalu Meluap, Ratusan Rumah Warga di Cilacap Kebanjiran 

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya