Stok Beras Bulog Cabang Pekalongan 36.000 Ton, Cukup Untuk 7 Bulan

Maret Bulog juga akan melakukan penyerapan

Tegal, IDN Times - Manajerial Bulog Sub Divre IV Pekalongan yang kini berubah nama menjadi Kantor Bulog Cabang Pekalongan, menjamin stok beras untuk tujuh daerah di Pantura Barat, Jawa Tengah aman hingga tujuh bulan ke depan.

Baca Juga: Gerobak Tertimpa Pohon Palem, Pedagang Taman Poci Tegal Meradang

1. Stok selama tujuh bulan cukup untuk tujuh daerah

Stok Beras Bulog Cabang Pekalongan 36.000 Ton, Cukup Untuk 7 BulanIDN Times/ Muchammad Haikal

General Manager Bulog Cabang Pekalongan, Arie Apriyansyah mengatakan, jika melihat jumlah penyaluran beras pada Desember 2019 lalu, pihaknya memperkirakan stok yang tersedia saat ini mampu untuk memenuhi kebutuhan selama tujuh bulan ke depan.

Dimana stok beras di masing-masing gudang hingga Januari 2020 ini telah mencapai 36.000 ton. Sedangkan untuk penyaluran beras pada bulan Desember 2019 lalu mencapai sekitar 3.800 ton.

“Dengan jumlah 36 ribu saya rasa cukup untuk memenuhi kebutuhan di Kabupaten Brebes, Kabupaten dan Kota Tegal, Kabupaten Pemalang, Kabupaten dan Kota Pekalongan serta Kabupaten Batang,” kata Arie kepada IDN Times.

2. Penyaluran diberikan sesuai strategi

Stok Beras Bulog Cabang Pekalongan 36.000 Ton, Cukup Untuk 7 BulanIDN Times/ Muchammad Haikal

Menurut Arie, jumlah penyaluran memang tidak bisa dipastikan sejak program Beras Miskin (Raskin) dan bantuan sosial Beras Sejahtera (Rastra) ditiadakan. Dengan kehilangan pasar tertawan (captive market) tersebut, secara otomatis Bulog diminta bekerja lebih keras.

Bahkan, untuk awal 2020 ini, Kantor Bulog Cabang Pekalongan baru bisa menyalurkan sekitar 2.800 ton beras dari cadangan yang tersedia. Namun demikian, Arie mengaku tetap bisa mempertahankan fungsi Bulog untuk melakukan stabilisasi harga serta ketahanan pangan.

“Masih ada banyak celah. Walaupun captive market kita sudah dipotong. Ada segudang strategi untuk menyalurkan stok-stok ini,” beber Arie yang sebelumnya menjabat Kepala Bulog Cabang Batam.

3. Maret Bulog lalukan penyerapan

Stok Beras Bulog Cabang Pekalongan 36.000 Ton, Cukup Untuk 7 BulanIDN Times/ Muchammad Haikal

Salah satu strategi setelah raskin dan rasta dihapus, sambung Arie, penyaluran dilakukan melalui Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga (KPSH) atau sering dikenal dengan operasi pasar. Sedangkan, untuk penyerapan beras, pihaknya mengaku akan melakukan pada Maret 2020.

Ari menambahkan, biasanya pada Oktober-Maret pihaknya bekerja ekstra keras untuk melakukan penyaluran. Karena, pada waktu-waktu itu belum memasuki masa panen, sehingga di pasaran stok beras berkurang yang berdampak pada kenaikan harga.

“Dengan kita melakukan penyaluran, maka diharapkan bisa menekan kenaikan harga. Untuk 2020 ini, kita diperkirakan menyerap beras pada Maret, saat petani panen raya,” tutupnya.

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya