282 Cakades di Pati Diajak Siap Kalah dan Siap Menang

121 desa di Pati laksanakan Pilkades

Pati, IDN Times - Sebanyak 282 calon kepala desa (Cakades) yang akan berkompetisi pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 21 Desember 2019 di Pati diminta siap untuk menang dan siap kalah. Pada Pilkades serentak yang akan dilangsungkan di Pati yakni bekal memilih sebanyak 121 Kades desa.

Baca Juga: Satu Desa di Pati Tak Bisa Lanjutkan Pilkades, Begini Nasibnya

1. Sebanyak 121 desa di Pati laksanakan Pilkades pada 21 Desember 2019

282 Cakades di Pati Diajak Siap Kalah dan Siap MenangIDN Times/Humas Pemkab Pati

Bupati Pati Haryanto mengatakan, dari 282 cakades tersebut tidak akan terpilih semua menjadi kepala desa. Karena hanya ada 121 desa saja. Haryango mengajak kepada para kontestan untuk siap menang dan siap kalah.

“Kalau kita memahami dan menyadari, artinya harus siap yakni siap kalah-siap menang", tutur Haryanto.

Bupati menambahkan, peta persaingan di masing-masing 121 desa penyelenggara Pilkades berbeda-beda. Dari data terdapat 18 desa yang memiliki tiga Cakades. Kemudian terdapat lima desa yang memiliki empat Cakades. Lalu, terdapat dua desa yang memiliki lima Cakades. Desa selebihnya hanya memiliki dua Cakades.

"Pilihan boleh beda kerukunan tetap dijaga. Mari wujudkan kompetisi yang sehat. Jangan sampai Pilkades yang merupakan sarana memilih pemimpin ini justu menjadi bibit perpecahan. Boleh berusaha agar bisa menang tapi dengan mekanisme yang fair,” kata dia.  

2. Ingatkan panitia untuk tetap netral pada pelaksanaan Pilkades

282 Cakades di Pati Diajak Siap Kalah dan Siap MenangIDN Times/Humas Pemkab Pati

Orang nomor satu di Pati Bumi Mina Tani ini juga memberi arahan untuk mewujudkan Pilkades yang berhasil. Pertama, menurutnya kunci kesuksesan Pilkades terletak pada kenetralan panitia.  Kepada segenap panitia, ia mengimbau mereka agar jangan memihak Cakades tertentu.

"Kalau ingin jadi pendukung, ingin jadi timses, mumpung belum pelaksanaan, lebih baik mengundurkan diri dulu. Jangan sampai (jadi timses) terselubung", ujarnya.

3. Minta Cakades luruskan niat melayani masyarakat

282 Cakades di Pati Diajak Siap Kalah dan Siap MenangIDN Times/Candra Irawan

Terakhir, kepada para Cakades, Haryanto mengimbau mereka agar meluruskan niatnya. Bukan malah untuk mencari keuntungan semata, karena banyak anggaran dari Dana Desa untuk desa.  

“Jangan punya pikiran karena sudah habis (dana) banyak (untuk mengikuti Pilkades), nanti ada duit dana desa yang bisa dimanfaatkan. Dana desa adalah untuk pembangunan untuk rakyat. Jangan punya pikiran begitu karena ini jadi pantauan. Aturannya sangat rigid, tidak bisa dipakai seenaknya,” pungkasnya. 

Baca Juga: 10 Potret Momen Pilkades di Kudus, Suami Istri Saingan Jadi Cakades

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya