Gorong-gorong Mampet Jalan Pantura Pati – Kudus Tergenang, Macet 2 KM

Banjir hanya bersifat sementara

Pati, IDN Times - Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Kudus Kamis (16/1) mengakibatkan genangan air yang berakibat terganggunya arus lalu lintas. Jalan Pantura Pati – Kudus di titik 9 KM atau turut Desa Bumirejo Kecamatan Margorejo, Pati tersendat akibat genangan air. Air menggenangi jalan Semarang – Surabaya itu pada Kamis sore.

Baca Juga: Penyebab Banjir Bandang di Jalan Pantura Kudus-Pati

1. Arus lalu lintas alami perlambatan hingga 2 km

Gorong-gorong Mampet Jalan Pantura Pati – Kudus Tergenang, Macet 2 KMIDN Times/Aji

Dari pantauan di lapangan, akibat banjir yang menggenangi jalan pantura itu lalu lintas mengalami ketersendatan. Dari arah Kudus terlihat kendaraan berjalan dengan kecepatan rendah. Jarak tumpukan kendaraan hingga kurang lebih 2 km. Sebaliknya arah dari Pati tampak arus lalu lintas lancar.

Tampak juga petugas kepolisian sedang mengatur arus lalu lintas. Sebab jam sore, merupakan padatnya kendaraan. Banyak kendaraan dua yang tampak juga melintas di jalur kiri dan sebaliknya.

2. Diduga karena gorong-gorong tersumbat sampah

Gorong-gorong Mampet Jalan Pantura Pati – Kudus Tergenang, Macet 2 KMIDN Times/Aji

Salah satu warga Agus mengatakan, kejadian banjir itu terjadi pada pukul 15.00 WIB. Pada saat itu di wilayah Desa Bumirejo dan Desa Kaliampo Kecamatam Margorejo, Pati sedang turun hujan. Pada saat itu juga tiba-tiba air dari gorong-gorong air naik dan langsung meluap ke jalan .

“Tiba-tiba air naik dan meluap. Padahal sungainya jauh. Ini karena gorong-gorong yang mampet. Sehingga airnya tidak jalan,” terang dia kepada wartawan di Pati, Kamis (16/1) sore.

Menurutnya, kejadian ini bukan yang pertama kalinya. Kejadian banjir seperti ini sudah yang kedua kalinya. Apalagi setelah ada pembangunan pabrik dan gorong-gorong sudah tidak berfungsi kembal.

“Gorong-gorongnya buntu. Jadi airnya ndak bisa lancar,” kata dia.

3. Banjir di Jalan Pantura Pati - Kudus hanya bersifat sementara

Gorong-gorong Mampet Jalan Pantura Pati – Kudus Tergenang, Macet 2 KMIDN Times/Aji

Wakapolres Pati Kompol I Wayan Tudy saat ditemui di lokasi menjelaskan, pertama dirinya meminta maaf atas tersendatnya arus lalu lintas Pati – Kudus karena luapan air dari sungai Kaliampo. Kondisi hujan deras, akibatnya tidak mampu menampung debit air sehingga meluap.

“Melintasi jalan jalur Pati – Kudus. Tepatnya di Desa Bumirejo. Kendaraan arus lalu mengurangi kecepatan. Mengalami tersendar di sepanjang jalan. Dari arah Pati mengalami perlambatan dua dua kilo,” jelas dia.

Sementara itu, Kasi Kedaruratan BPBD Pati Lutfi mengatakan kejadian banjir itu karena luapan air sungai. Sebab sore tadi di wilayah Pati sedang turun hujan sedang. Banjir itu hanya sebentar saja. Diperkirakan tidak lama air akan surut.

“Untuk rumah yang terdampak tidak ada. Karena banjir ini hanya sebentar saja. Luapan sungai karena hujan,” tambah dia saat dihubungi.  

Baca Juga: Wisata Pantai Batam Sari, Liburan Murah Kota Tegal di Jalur Pantura

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya