Comscore Tracker

Hari Santri Nasional, Siswa MI di Kudus Kirab 22 Bendera Merah Putih

Doakan leluhur pendiri MI Qudsiyah

Kudus, IDN Times - Pada hari ini, Selasa (22/10) bertepatan dengan hari santri nasional. Sejumlah perayaan dilakukan di beberapa wilayah di Indonesia.

Tidak ketinggalan dari siswa-siswi MI Qudsiyyah Kudus. Ratusan siswa menggelar kirab bendera merah putih. Ada sebanyak 22 bendera merah putih yang dikirab oleh ratusan siswa MI Qudsiyyah Kudus.

Baca Juga: Asal Usul Kata Santri, Kiai, dan Sarung yang Banyak Tidak Diketahui

1. Kirab diawali dari halaman MI Qudsiyah

Hari Santri Nasional, Siswa MI di Kudus Kirab 22 Bendera Merah PutihIDN Times/Aji

Kirab bendera 22 merah putih dalam rangka memperingati Hari Santri diawali dari halaman sekolah. Terlihat 22 siswa membawa 22 bendera merah putih. Jumlah 22 bendera menunjukan tanggal peringatan hari santri setiap tanggal 22 Oktober. 

Kirab dilangsungkan dari halaman sekolah kemudian perjalanan dilanjutkan menuju makam Sido Luhur Krapyak. Mereka di makam tersebut berdoa kepada para pendidi MI Qudsiyyah Kudus.

Dari pantauan di lapangan, ratusan siswa tampak dengan khitmad mengikuti doa bersama tersebut. Mendoakan para pendiri MI Qudsiyyah.

2. Lakukan kenduri santri

Hari Santri Nasional, Siswa MI di Kudus Kirab 22 Bendera Merah PutihIDN Times/Aji

Selepas, melaksanakan ziarah di makam pendiri MI Qudisyyah. Ratusan siswa melanjutkan perjalanan menuju ke MI Qudsiyyah kembali. Ada beberapa rangkaian acara di halaman sekolah tersebut. Mulai acara kenduri hingga terbangan digelar oleh pihak sekolah. 

Acara kenduri santri yang dilaksanakan di halaman MI Qudsiyyah Kudus. Ratusan siswa kemudian bersama-sama menikmati makanan di halaman sekolah. Dari pihak sekolah telah menyiapkan makan khas golok-golok menthok.

3. Kobarkan semangat para santri

Hari Santri Nasional, Siswa MI di Kudus Kirab 22 Bendera Merah PutihIDN Times/Istimewa

Panitia yang juga guru MI Qudsiyyah Kudus Muhammad Asror mengatakan, pada perayaan hari santri pihak sekolahnya menggelar kirab bendera merah putih. Ada sebanyak 22 bendera yang dikirab.

Tak hanya itu, selain kegiatan berdoa di makam para pendiri MI Qudsiyyah Kudus. Ada sebanyak 22 siswa kelas VI yang melaksanakan manakib di makam Mbah Asnawi yang terletak di kompleks makam, menara, dan masjid Sunan Kudus.

“Total siswa yang ikut pada kegiatan ini ada sebanyak 950 santri dari MI Qudsiyyah Kudus,” terangnya.

Dia berharap melalui kegiatan ini dapat kobarkan semangat para kiai. Selain itu, para generasi muda ini dapat meneruskan perjuangan para kiai para ulama yang telah berjuang untuk kemerdekaan Indonesia.

“Tak kalah penting juga berjuang untuk pendidikan di Indonesia,” tandasnya.

Baca Juga: Peringati Hari Santri, 740 Meter Bendera Merah Putih Dibentangkan

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya